Halo Sahabat deCODE! Selamat menjalankan ibadah puasa di hari ke-11 buat yang menjalankannya. Bagaimana sahabat deCODE masih semangat untuk puasa kan dan pastinya terus berbuat kebaikan juga ya. Jangan lupa mengamalkan segala amalan di bulan suci ini dengan hati tulus ikhlas.

Di bulan Ramadan sekarang ini, umat muslim tidak hanya di wajibkan untuk melakukan ibadah buasa dan ibadah salat wajib dan sunnahnya saja. Namun, umat muslim diminta untuk berlomba-lomba melakukan berbagai amal kebaikan seperti membaca dan menafsirkan Al-Qur’an dan masih banyak lagi.

Bicara mengenai membaca Al-Qur’an, sahabat deCODE sudah berapa banyak ayat yang kamu lantuntkan di bulan Ramadan ini? Akankah kalian mengkhatamkan selama sebulan ke depan?

Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan merupakan amalan yang sangat terpuji dan begitu dianjurkan. Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan sangatlah utama Allah berfirman, “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (Qs. Al-Baqarah: 185)

Untuk bisa mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an di bulan Ramadan sebenarnya bukan hal yang sulit apalagi mustahil untuk dilakukan. Dengan menerapkan tadarus satu hari membaca satu juz, kegiatan ini selalu akan memaksimalkan setiap bertemu dengan bulan Ramadan.

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yang tepat yaitu, saat salat subuh membaca 5 halaman, menjelang zuhur 2 halaman dan setelah asar 3 halaman. Total akan menjadi 10 halaman yang berarti kamu sudah selesai membaca 1 juz. Jika ingin di lanjutkan untuk membaca juz selanjutnya sangatlah bagus karena akan mempercepat khatam Al-Qur’an.

Apabila hal itu bisa dilakukan dengan rutin dan berkelanjutan, maka bisa saja One Day Two Juz (satu hari dua juz). Hal ini tergantung dari niat dan kemauan kita sendiri, apakah haya sebatas keinginan saja atau memang niat yang sungguh-sungguh untuk mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan Ramadan yang suci ini.

Banyak keutamaan pula dalam membaca Al-Qur’an yang kita dapatkan, baik itu untuk diri sendiri maupun orang yang disekitaran kita. Karena kita yang membaca dapat pahala dan orang yang mendengarkannya juga mendapatkan pahala, itulah kelebihan dalam membaca kitab suci Al-Qur’an.

Semoga apa yang disampaikan hari ini bisa bermanfaat untuk sahabat deCODE ya! Semangat untuk yang menargetkan khatam di bulan Ramadan ini dengan trick One Day One Juz. Sampai bertemu lagi!

Penulis: Tarisha Dinda Putri Editor: Najwa Rengganis