Apakah sahabat deCODE tahu planet ini sebenarnya sudah menderita dan kita semua mendapat pengarunya? Ketika kita di dalam atau di luar ruangan, lingkungan yang tercemar sampai ke kita semua. Kita sebagai mahasiswa harus kritis mengetahui apa yang terjadi di lingkungan sekitar kita, salah satunya polusi.

Saat ini udara sudah tercemar dan dampak yang ditimbulkannya sangat besar bagi kesehatan tubuh kita. Hampir seluruh kota besar di dunia dikelilingi oleh polusi tersebut. Bahkan kota besar seperti Jakarta sudah tercemar dan menjadi pencemaram udara terburuk kedua di dunia setelah kota Beijing. Oleh karena itu, jika kalian tidak ingin menghirup udara beracun, asap, debu, yuk simak tips berikut ini agar kalian sadar dan aman dari lingkungan yang tercemar.

1. Melakukan Morning Walks

TIPS TERHINDAR DARI POLUSI UDARA
Sumber Foto : tumblr.com

Jalan pagi sangat penting bagi tubuh kita, dan kita harus melakukannya setiap hari. Namun harus dilakukan di jam 05.00-10.00 WIB karena di jam tersebut masih terdapat udara segar yang baik bagi tubuh. Selain itu, jalan pagi sembaring olahraga kecil dapat membuat badan kita menjadi lebih bersemangat sebelum menjalani kegiatan sehari-hari. Hal ini bisa dijadwalkan sesuai hari yang kalian inginkan.

2. Menggunakan aplikasi di Smartphone

TIPS TERHINDAR DARI POLUSI UDARA
Sumber foto : airvisual.com

Smartphone bukan digunakan hanya sekedar mengakses sosial media, tetapi juga bisa digunakan untuk mengetahui polusi udara terkini. Memiliki aplikasi tersebut menjadi penting untuk kita yang tinggal di tengah perkotaan dan setiap hari tercemar polusi udara. Aplikasi untuk mengetahui polusi udara dapat membantu kita untuk selalu peka terhadap polusi udara. Seperti aplikasi Air Visual yang bisa kita unduh secara gratis di smartphone.

3. Membaca berita harian dan mendengarkan radio

TIPS TERHINDAR DARI POLUSI UDARA
beritasatu.com

Cara lain agar kita lebih waspada terhadap polusi udara adalah membaca berita lokal dan mendengarkan berita di radio. Tentunya berita harian lokal dan yang memberitakan tentang cuaca terkini. Hal tersebut bertujuan agar kita mengetahui perkembangan polusi udara saat ini.

4. Masker Anti-polusi

TIPS TERHINDAR DARI POLUSI UDARA
Sumber Foto : pinterest.com

Ketika melakukan aktivitas di luar rumah setiap hari kita menghirup udara yang kotor dan tercemar dari kendaraan. Hal tersebut dapat kita atasi dengan menggunakan masker anti-polusi. Menggunakan masker bertujuan mengurangi kualitas udara yang buruk untuk kita hirup. Jadi jangan lupa pakai masker ya!

5. Pembersih Udara

TIPS TERHINDAR DARI POLUSI UDARA
Sumber foto : pinterest.com

Terkadang saat dirumah kita merasa aman dari polusi, tetapi hal itu masih belum cukup. Kita butuh pembersih udara di dalam rumah. Sebaiknya kita bisa menggunakan pembersih udara yang berasal dari tanaman seperti Aloe Vera, Ivy, Spider Plant atau pembersih udara electric. Tanaman tanaman tersebut dapat berfungsi memgurangi polusi udara.

6. Ventilasi

TIPS TERHINDAR DARI POLUSI UDARA
Sumber Foto : pinterest.com

Banyak yang tidak tahu bahwa polusi dalam ruangan bisa lebih buruk dari pada polusi di luar ruangan. Maka untuk mengurangi udara buruk di dalam ruangan diperlukan ventilasi di dalam ruangan. Terutama di tempat tinggal kita. Kita membutuhkan cerobong asap didapur dan exhaust atau penyerapan udara di kamar mandi. Selain itu penting untuk membuka jendela rumah setiap pagi agar udara sehat masuk ke dalam ruangan.

7. Jangan membakar sampah dekat rumah

TIPS TERHINDAR DARI POLUSI UDARA
Sumber Foto : Pinterest.com

Jangan membakar bahan-bahan berbahaya di sekitar rumah karena akan menjadi polusi. Maka sangat penting untuk kita ketahui, jangan menyalakan api atau membakar sampah di sekitar rumah. Asap dari pembakaran bisa saja mengandung bahan berbahaya seperti karbonmonoksida, formaldehida, arsenik, dioksin dan furan. Ketika asap berbahaya tersebut dihirup akan menganggu pernafasan kita.

8. Membatasi aktivitas di luar

TIPS TERHINDAR DARI POLUSI UDARA
Sumber Foto : pinterest.com

Sekarang kalian sudah menyadari bahwa polusi udara sangat buruk bagi kesehatan, kalian harus membatasi untuk pergi keluar rumah. Terutama untuk anak-anak, orang tua, dan ibu hamil karena mereka lebih rentan terhadap penyakit. Apabila kalian ingin pergi keluar rumah, sebaiknya menggunakan masker atau menutup jendela bila kalian menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

9. Meningkatkan nutrisi anti-oksidan dan perbanyak minum air putih

TIPS TERHINDAR DARI POLUSI UDARA
Sumber Foto : pinterest.com

Makanan yang kita makan setiap hari adalah peran utama bagi sistem imun kita. Apabila kita ingin tetap sehat dari polusi, kita butuh mempertahankan anti oxidant dan vitamin C didalam tubuh kita. Kalian bisa makan sayur-sayuran, buah segar seperti Jeruk, Nanas, Strawberry, dan masih banyak lagi. Jika kalian makan secara teratur, tubuh kalian terhindar dari partikel-partikel polusi. Selain itu kita bisa memperbanyak minum air putti demi menjaga nutrisi dalam tubuh.

Sudah tahu kan sahabat deCODE cara untuk menjaga tubuh dari polusi udara? Ikuti tips tips tersebut ya agar kita terhindar dari polusi udara!

Penulis: Diva Syafitri Editor: Maulani Mulianingsih