Seluruh dunia tidak berhenti membicarakan virus Corona dan virus ini sudah seperti badai yang terus-menerus menggucang banyak negara. Banyak yang khawatir apabila mendengar virus Corona karena begitu ramai spekulasi mengenainya. Di tengah wabah seperti ini banyak yang tidak mengetahui bagaimana melindungi diri. Bahkan sekarang kita sulit mencari masker, selain itu terdapat oknum yang meraup keuntungan dengan sengaja menaikan harga masker.

Awal Virus Corona

Banyak yang mengatakan bahwa virus adalah Bio-senjata yang diciptakan oleh Cina untuk mengontrol penduduknya. Ada juga yang turut mengatakan percobaan Bio tersebut tidak benar. Selain itu beredar video seseorang makan kelelawar lalu menyimpulkan bahwa kelelawar membawa virus kepada manusia. Corona adalah virus baru. Tidak ada bukti konkret yang menegaskan bahwa virus Corona berasal dari Kelelawar.

Sejauh ini belum ada bukti kuat mengenai asal virus Corona. Oleh karena itu dugaan sementara virus ini dapat datang dari mana saja, jadi jangan makan apa saja yang tidak bersih dan tidak terjaga higienitasnya.

Transmisi Virus Corona

Virus dianggap mematikan jika transmisinya sangat cepat. Virus Corona memang memiliki tingkat kematian yang rendah, namun penyebarannya terjadi sangat cepat.

Oleh karena itu, setiap orang beresiko positif Virus Corona. Virus Corona saat ini dapat menyebar melalui sentuhan langsung dengan orang lain yang terindentifikasi positif Corona. Inilah sebabnya mengapa orang menghindari jabat tangan atau pertemuan dengan orang lain.

Memakai masker

Buat Masker Sendiri Solusi Mencegah Corona
Sumber foto : herworld.co.id

Seperti yang dinyatakan di atas, virus Corona menyebar dari orang ke orang. Salah satunya adalah melalui batuk. Ketika seseorang batuk, napas yang keluar dari tubuhnya dapat menularkan virus Corona.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak sering mengunjungi tempat yang ramai banyak orang berkumpul, lalu jaga jarak dengan orang yang bersin atau batuk setidaknya 1 meter. Selain itu kita bisa menggunakan masker kemanapun pergi dan sangat dianjurkan bagi yang sakit wajib memakai masker. Ini secara signifikan akan mengurangi kemungkinan penyebaran virus Corona.

Mencuci tangan dan memakai hand sterilizer

Buat Masker Sendiri Solusi Mencegah Corona
Sumber Foto : watsons.co.id

Ketika masih kecil, kita harus selalu mencuci tangan sebelum makan. Sebagian besar mengikuti aturan ini di masa kecil, namun kebiasaan ini semakin lama mulai hilang.

Mencuci tangan disarankan 20 detik. Mencuci tangan dapat membunuh kuman atau virus yang mungkin berada di tangan kita dan berfungsi untuk menghentikan virus masuk ke tubuh. Jangan lupa mencuci tangan dengan benar ya!

Selain mencuci tangan, kalian juga bisa menggunakan hand sterilizer. Ketika kita memegang benda apapun disitulah kuman dan virus dapat menempel ditangan kalian. Maka hand sterilizer bisa menjadi solusi jika kita tidak sempat mencuci tangan menggunakan air. Jaga tangan kalian untuk tetap steril ya!

Hindari kebiasaan buruk, mulai kebiasaan baik

Buat Masker Sendiri Solusi Mencegah Corona
Sumber Foto : tribunnews.com

Ketika seharian berada di luar rumah banyak cara penyebaran virus seperti berjabat tangan dengan orang lain atau memegang benda yang tidak tahu bagaimana kebersihannya. Kemudian kita memegang bagian wajah, hidung dan mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu adalah kebiasaan buruk. Lalu yang perlu di ingat jangan bersin dibagian telapak tangan, pakailah tisu agar virus dan kuman tidak menyebar di telapak tangan.

Mulai sekarang buang kebiasaan lama dan mulai kebiasaan baik, seperti menjaga pola makan, mencuci tangan, dan membersihkan rumah secara rutin. Apabila terdapat gejala batuk, demam tinggi, sakit tenggorokan, sesak napas dan flu segera cek ke dokter ya!

Nah, selanjutnya kita bisa membuat masker sendiri dirumah dan bisa digunakan berulang kali! Yuk ikuti langkah-langkahnya Pertama-tama persiapkan bahan bahannya ya sahabat deCODE! Bahannya kain bersih, gunting, tali elastis dan peniti atau jarum beserta benangnya.

Langkah langkahnya pertama gunting kain bersih, kemudian lipat menjadi dua bagian yang disesuaikan dengan wajah kita. Setelah itu kaitkan dengan peniti atau jahit tali elastis pada setiap sudut kain.

Setelah jadi, masker dapat segera digunakan namun ada baiknya untuk mencuci terlebih dahulu dengan cara mencuci dengan sabun detergen, setelah itu dicuci dengan air panas agar dapat mensterilkan kuman-kuman yang ada di kain tersebut.

Walaupun dapat digunakan berulang kali setelah dicuci menggunakan air panas, ada baiknya mengganti masker tersebut dengan yang baru lagi.

Penulis: Diva Syafitri Editor: Maulani Mulianingsih