Kabar menyedihkan datang dari event perlombaan esports. Akibat adanya wabah virus COVID-19, berbagai event gelaran esports terpaksa dibatalkan. Pembatalan ini dilakukan karena adanya larangan membuat acara dengan keramaian yang diterapkan oleh pemerintah. Selain dua event tersebut, MSC (Mobile Legends Southeast Asia Cup) 2020 yang seharusnya digelar tanggal 12-14 Juni 2020 mendatang di SM Mall of Asia Arena, Manila Filipina juga terpaksa ditiadakan.

sumber foto: hybrid.co.id

”Mematuhi hukum yang berlaku serta menjamin keamanan bersama adalah prioritas kami. Selain itu, pembatasan sosial dan perjalanan internasional juga menjadi faktor penting dalam mempertimbangkan dilaksanakannya acara internasional berskala besar dalam waktu dekat. Oleh karena itu,mempertimbangkan status pandemi dan peraturan pemerintah terhadap COVID-19, dengan berat hati kami memberitahukan bahwa kami membatalkan MSC 2020.”

“Namun, pecinta esport dan Mobile Legends: Bang Bang tak perlu khawatir. Kami telah menyiapkan serangkaian program alternatif sebagai pengganti MSC 2020. Sekali lagi, jangan khawatir, dan tunggu informasi-informasi terbaru dari kami. Terima kasih atas dukungannya untuk acara Mobile Legends: Bang Bang selama masa sulit ini. Kami berharap semua tetap sehat dan aman. Semoga kita dapat bertemu di acara tersebut dalam waktu dekat.” tulis Moonton.

MSC merupakan salah satu helatan penting didalam perlombaan Mobile Legends. Sebelum kehadiran M1 World Championship 2019, MSC jadi satu-satunya kompetisi Mobile Legends antar-negara setingkat regional Asia Tenggara, mempertemukan 12 tim perwakilan dari sembilan negara yaitu Indonesia, Filipina, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam,
Laos, Brunei Darussalam, dan Kamboja.

sumber foto: hybrid.co.id

Tahun lalu, MSC mempertemukan all Indonesian final antara Onic eSports dan Louvre eSports dan dimenangkan oleh Onic. Digelar pertama kali pada tahun 2017, MSC menjadi momentum yang membuat ekosistem esports MLBB di Indonesia berkembang sampai sejauh ini.

Dengan dibatalkannya event ini, diharapkan para penggemar tetap mendukung dan setia menunggu berita baik yang akan datang, didampingi dengan doa semoga keadaan segera membaik, agar kita dapat kembali menikmati ketegangan dari pertandingan esports secara langsung.

Penulis: Safina Diani Handayani Editor: Halimah Saadiyah