Tahun 2015, Working Films dari Universal Pictures merilis film berdasarkan dari kisah nyata tentang jalan cerita kehidupan seorang transgender pertama di dunia bernama Lili Elbe. Film ini disutradarai oleh Tom Hooper sang direktor ternama dunia.

The Danish Girl dibintangi oleh pemeran utama ternama Eddie Redmayne sebagai Lili Elbe atau Einar Magnus Andreas Wegener, aktor asal Inggris yang turut berperan dalam film yang memiliki ‘benang merah’ dengan Harry Potter yaitu Fantastic Beasts. Sedangkan, aktris yang memerankan istri Einar ialah Alicia Vikander sebagai Gerda Wegener. Aktris kebangsaan Swedia ini juga berperan sebagai Tomb Raider pada filmnya tahun 2018 lalu. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya David Ebershoff.

Garis besarnya, film ini bertema drama biografi romantis, yang mana Hooper menggambarkan kehidupan normal dua pasangan suami istri yang sama-sama berprofesi sebagai pelukis di Denmark pada tahun 20-an. Mereka adalah Einar Wegener dan Gerda. Gerda adalah pelukis dengan objek manusia sedangkan Einar pelukis pemandangan.

Kisah Lili dan Gerda ini bermula saat klien sekaligus teman baik Gerda, Ulla, sebagai modelnya tak dapat hadir untuk menyelesaikan lukisan Gerda. Lantas Gerda meminta bantuan sang suami untuk menjadi modelnya dan berpose layaknya wanita, lengkap dengan gaun, stocking, dan sepatu wanita sebagai Lili, nama yang diberikan untuk karakter yang ada di lukisan Gerda.

Saat itu juga Einar merasakan pergolakan batin dalam dirinya. Einar nyaman menjadi Lili bahkan saat Gerda mendapat tawaran untuk pameran di Paris, Einar hadir sebagai Lili dan berdandan layaknya seorang wanita tulen. Digemari dan dipuji banyak lelaki di sana, membuat Einar tersipu malu dan sangat senang. Sejak saat itu, Einar memilih untuk menjadi Lili selamanya dan setelah menjalani perawatan untuk menemukan apa penyakit yang dirasakannya selama ini, ia memilih untuk mengganti kelaminnya menjadi seorang wanita seutuhnya.

The Danish Girl berhasil membawa Alicia Vikander meraih penghargaan Oscar sebagai pemeran pendukung wanita terbaik. Kisah mereka dibalut dengan suasana yang sedih sebagaimana Einar yang berjuang melawan keyakinannya bahwa ia adalah Lili namun berat. Di sisi lain, Gerda kehilangan sosok suami tercintanya karena keyakinan sang suami. Namun Gerda selalu ada di sisi Lili dan tetap menyayangi Lili sebagai suaminya, bahkan ketika ia kehilangan suaminya untuk selamanya.

Penulis: Safina Diani Handayani Editor: Halimah Saadiyah