Berita baik nih buat kalian yang memang suka banget ngopi atau kalian pecinta kopi sejati, bahwa fakta membuktikan kopi memiliki banyak manfaat didalamnya. Buat kalian yang tidak terlalu menyukai kopi, mungkin artikel ini bisa dijadikan ilmu tambahan. Siapa tahu setelah membaca artikel ini, kalian beralih menjadi menyukai kopi. Banyak penelitian mengenai kopi terutama dalam bidang kesehatan menemukan banyak manfaat yang didapati dalam kandungan kopi, berikut ulasannya.

  • Kopi dapat mengurangi resiko diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Sebuah laporan pada Januari 2012, dalam ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’ menjelaskan alasannya, yaitu karena efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan Diabetes Tipe 2. So, ternyata sangat besar ya guys manfaat dari kopi ini.

  • Kopi dapat mengurangi resiko kanker

Sebuah fakta membuktikan bahwa, konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat, serta kanker hati. Dan juga, mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi tahun 2008 di Swedia, menemukan bahwa meminum kopi setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara.

  • Kopi dapat mencegah depresi

Sebuah fakta membuktikan bahwa, minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi. Serta, mereka yang minum empat cangkir memiliki resiko 20 persen lebih rendah, menurut laporan 2011 dalam “Archives of Internal Medicine”.

  • Kopi dapat meningkatkan memori

Kopi dapat membantu meningkatkan memori, baik itu memori jangka panjang maupun pendek. Dalam sebuah studi tahun 2005, yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. Kemudian, sebuah penelitian di tahun 2007, menemukan bahwa wanita berusia 65 atau lebih yang rutin minum tiga gelas kopi atau lebih dalam sehari memiliki performa lebih baik dalam tes memori dan kurang mungkin menunjukkan penurunan memori. Dibanding mereka yang minum hanya satu cangkir sehari.

  • Kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh

Kopi bisa membantu kalian mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan loh, guys. Sebuah studi lama di tahun 1980, menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

  • Kopi memiliki kandungan tinggi antioksidan

Seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, dalam penelitian yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention,” mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Bahkan, sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam urutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang Amerika.

  • Kopi dapat meningkatkan kinerja dan performa

Kafein yang terdapat di dalam kandungan kopi, telah ditunjukkan dalam beberapa studi dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek. Sebuah penelitian di tahun 2008 menyimpulkan bahwa, manfaat kafein sebelum latihan tampak dalam endurance (ketahanan), momen stop and go dan pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang. Hal ini, juga dapat membantu atlet tampil baik selama latihan kekuatan, bahkan ketika kurang tidur jika dikonsumsi satu jam sebelum latihan pada dosis 4 mg untuk setiap kg berat badan.

Gimana, guys? Banyak banget, kan, manfaat terselubung dari kopi? Sebenarnya, masih bayak lagi manfaaat yang dimiliki kopi. Jadi, gimana? Sudahkah kalian meminum kopii? Semoga bermanfaat ya guys, enjoy your coffee!

Sumber: webkesehatan.com

Report: Muhammad Faisal Barakuan | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana