Meskipun sampai saat ini dunia masih bersedih karena pandemi belum juga usai, tetapi tidak mematahkan semangat dosen-dosen Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia untuk memberi ilmu-ilmu mereka dalam acara Webinar Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang diadakan setiap bulannya. Webinar series 4 yang diselenggarakan pada 12 Januari 2021 kemarin, Prodi Ilmu Komunikasi mengangkat tema “Belajar Komunikasi Untuk Santri: Kreatif dalam Menghadapi Pandemi” untuk santri dari Pondok Pesantren Darul Quran Mulia.

Webinar diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Fatih Farras dan juga pemenang kuis dari webinar sebelumnya, lalu dilanjutkan dengan materi pertama yang dibawakan oleh pembicara Imsar Gunawan S.P., M.Si selaku dosen dari Prodi Ilmu Komunikasi, dengan tema “Media Digital Inovasi Dakwah di Era Millenial”. Beliau menjelaskan mengenai media digital, dimulai dari pengertian media, macam-macam media massa, inovasi dan juga perkembangan media baru.

“Perbedaan Internet dengan media-media mainstream lainnya adalah adanya feedback yang begitu cepat.” Ucap Imsar Gunawan saat menerangkan materi mengenai Media Digital.

Sesi selanjutnya diisi oleh materi dari pembicara Rahman Asri, S.Sos., M.Si salah satu dosen di Prodi Ilmu Komunikasi dengan membawakan tema “Berkreasi Positif di Media Sosial, Peran Millenial di Era Digital”. Pada kesempataan ini, beliau menjelaskan tentang bagaimana peran millenial (para santri) berkreasi positif di media sosial. Beliau juga menjelaskan bahwa ada teori yang menjelaskan tentang kondisi fisiologis manusia berdasarkan siklus tertentu. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai perkembangan komunikasi dan juga konvergensi media.

“Jaman dulu yang namanya kamera terpisah, video, pasang lagu sendiri terpisah di kaset. Kalo sekarang ini cukup di satu alat, di genggaman tangan, dan sekarang kita jadi tau istilah batas-batas media menjadi sangat tipis, bahkan sama.” Jelas Rahman Asri saat menerangkan materi mengenai perkembangan media.

Lalu acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pertanyaan diajukan oleh salah satu santri lalu dijawab oleh pembicara.

Jika kamu yang tertarik untuk melihat materi–materi tersebut, siaran ulangnya dapat kamu saksikan melalui Youtube resmi Ilmu Komunikasi UAI dengan judul “Webinar Series #3 Ilkom UAI – Belajar Komunikasi untuk Santri: Kreatif dalam Menghadapi Pandemi”, atau melalui link berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=aIsd-SPByM0&t=7330s