Pada tanggal 16 Febuari 2021 lalu, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia bekerjasama dengan Pondok Pesantren Darul Quran Mulia, telah mengadakan webinar sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang bertema “Belajar Komunikasi untuk Santri: Kreatif dalam Menghadapi Pandemi”.

Pembicara dalam webinar ini adalah Wildan Hakim,S.Sos., M.Si. dan Drs. Tono Purwantoro, M.Si. yang sudah ahli serta berpengalaman dibidangnya. Selain itu webinar ini juga di hadiri oleh beberapa dosen Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia.

Webinar dibuka dengan materi yang berjudul “Menjadi Pelajar yang Beradab: Mengkomunikasikan Nilai-Nilai Islam untuk Menolak Perisakan (Bullying)” yang disampaikan oleh Wildan Hakim,S.Sos., M.Si. Beliau menjelaskan fenomena bullying yang terjadi di Indonesia. Pemahaman mengenai bullying, kategori yang termasuk tindakan bullying, serta peran dalam bullying agar santri dapat memahami lebih dalam mengenai bullying.

Webinar dilanjutkan dengan materi yang berjudul “Mencermati Pesan Komunikasi Persuasif pada Media” yang disampaikan oleh Drs. Tono Purwantoro, M.Si. Bapak Tono menyampaikan bahwa komunikasi merupakan kegiatan penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi Perusasif bertujuan untuk memengaruhi kepercyaan, sikap, dan perilaku seseorang sesuai dengan apa yang diharapkan, selain itu juga dakwah merupakan salah satu contoh dari komunikasi persuasif.

Untuk memeriahkan webinar ini, terdapat sesi kuis. Kuis ini adalah sebagai bentuk apresiasi kepada setiap santri yang aktif selama webinar berlangsung. Santri yang mendapatkan skor dan yang mempunyai total skor tertinggi akan menjadi partisipan terbaik. Dengan begitu para santri merasa lebih bersemangat untuk mengikuti webinar dan menuntut ilmu selama pandemi.

Sebelum menutup webinar terakhir ini, bapak Muhtadi Lc., M.Si sebagai kepala sekolah Darul Quran Mulia memberikan pidato penutup dan bersyukur atas salah satu lulusan terbaik mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia yang merupakan alumni dari Pondok Pesantren Darul Quran serta berharap kedepannya santri dapat mengikuti jejak mahasiswa tersebut.

Selanjutnya pidato penutup yang disampaikan oleh ibu Alma Mandjusri, SS., M.I.Kom. selaku kaprodi dari Ilmu Komunikasi Al Azhar Indonesia. Beliau berterima kasih atas kerjasamanya dalam melaksanakan webinar dengan Pondok Pesantren Darul Quran Mulia dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

Jika kamu tertarik dengan tema yang dibawakan pada webinar kali ini dan ingin menonton siaran ulang, kamu dapat menyaksikannya melalui Youtube resmi Ilmu Komunikasi UAI dengan judul “Webinar Series #5 ILKOM UAI- “Belajar Komunikasi untuk Santri: Kreatif Dalam Menghadapi Pandemi” atau melalui link berikut https://www.youtube.com/watch?v=ZPVu57nA7wc&t=7477s.

Author: Melinia Tasya Editor: Meta Nur Ayu