Saat pandemi seperti ini segala bentuk kegiatan di luar rumah menjadi berkurang, paparan polusi sinar matahari, dan radikal bebas yang mengenai wajah pun juga berkurang. Oleh karena itu, walaupun di rumah saja kita tetap harus melakukan perawatan kulit wajah. Jadi, kira-kira apa saja skincare routine yang wajib dipakai saat di rumah saja? yuk, kita simak!

1. Cleanser/Pembersih Wajah

Produk cleanser merupakan rangkaian skincare routine yang penting untuk merawat kulit wajah agar tetap bersih dan cerah. Produk cleanser berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan minyak di wajah. Walau dirumah saja, wajah tetap memproduksi minyak alami yang dapat membuat wajah kita terlihat kusam.

Selain itu, Produk cleanser juga membantu mengoptimalkan kerja produk skincare lain. Pemakaian produk skincare ini saat pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Cleanser atau yang akrab disebut sabun pembersih wajah memiliki banyak jenis mulai dari Facial foam, Cleansing Oil hingga Milk Cleanser. Perlu diingat, penggunaan cleanser produk harus disesuaikan dengan tipe kulit wajah kalian.

2. Toner

Mencuci muka saja belum cukup untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran pada wajah, toner membantu kerja cleanser untuk mengoptimalkan kebersihan wajah. Selain itu toner juga membantu mengembalikan PH wajah setelah cuci muka. Jadi walau di rumah saja kulit wajah tetap lembab dan bersih.

Pada umumnya toner memiliki tekstur cair, tidak berwarna dan ringan, maka dari itu toner cocok untuk sahabat deCODE yang memiliki jenis kulit kering. Kandungan Asam Amino, Mineral Oil dan Hyaluronic Acid yang terdapat di kandungan toner membantu melembabkan kulit. Pengaplikasian toner ini cukup mudah loh, cukup tuangkan toner ke kapas lalu tap-tap ke seluruh bagian wajah.

3. Moisturizer/Pelembab

Menghabiskan waktu di rumah atau di ruangan ber AC dapat membuat kulit menjadi kering. Kulit perlu terhidrasi dengan baik agar kelembapan tetap terjaga dengan baik. Maka dari itu perlu penggunaan moisturizer sebagai dukungan bagi kulit untuk tetap lembab dan kenyal.

Penggunaan moisturizer sangat cocok untuk kulit wajah jenis kering, namun untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak perlu diperhatikan penggunaanya dan kandunganya. Jangan khawatir untuk kamu yang memiliki kulit jenis berminyak, karna kamu tetap dapat menggunakan produk moisturizer dengan kandungan oil-free.

4. Serum Wajah

Walaupun di rumah saja kita tetap harus melakukan pekerjaan di depan layar komputer, hal tersebut memicu penuaan dini pada kulit wajah kita. Oleh sebab itu kita perlu menggunakan serum untuk mencegah penuaan dini tersebut. Bahan aktif seperti antioksidan dan peptida yang terdapat dalam serum membantu meremajakan kulit wajah agar terlihat muda selalu.

Selain itu serum juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Dalam menggunakan serum kulit wajah harus dalam kondisi bersih. Optimalnya serum digunakan dua kali sehari, yaitu pagi sebelum melakukan aktivitas dan malam hari sudah melakukan aktivitas.

5. Sunscreen, Sunblock, atau Tabir Surya

Sahabat deCODE mungkin bertanya-tanya, “di rumah saja kok harus pakai sunscreen?”, Yaps! Ternyata walaupun kita di dalam ruangan atau di dalam rumah kita wajib menggunakan sunscreen. Hal tersebut karena, di dalam ruangan atau rumah kita tetap bisa terpapar sinar UVA yang tembus melalui jendela.

Sinar UVA ini yang dapat menimbulkan penuaan dan kerusakan pada kulit wajah. Maka dari itu kita perlu menggunakan sunscreen atau sunblock sebagai rangkaian skincare rutin walaupun di rumah saja.
Sahabat deCODE dapat menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF rendah yaitu 25 sampai 30. Sedangkan, ketika kita beraktivitas di luar ruangan, kita perlu menggunakan sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi.

Idealnya sunscreen digunakan sebanyak dua ruas jari kita, lalu oleskan merata keseluruh bagian wajah dan jangan lupa pada bagian leher kita. Meskipun sahabat deCODE saat ini melakukan aktivitas di rumah saja, jangan lupa untuk merawat wajah, agar tetap glowing dan sehat.

Author: Amanda Rizki Editor: Meta Nur Ayu