sumber : Okezone.com

Selain untuk mengurangi rambut rontok, ternyata kopi juga dapat membantu menjaga kesehatan rambutmu loh! Kafein yang terkandung pada kopi dapat membantu memperbaiki penampilan rambut dan tekstur rambut juga. Yuk kita simak penjelasannya!

Kopi meminimalisir kerontokan dan menjaga pertumbuhan rambut

sumber : merdeka.com

Tahukah kamu? Bahwa kopi dapat dibuat menjadi scrub dan mengurangi kerontokan rambut, serta dapat mendorong pertumbuhan rambut kembali. DHT (hormon seks dihidrotestosteron) pada pria dan wanita biasanya dapat merusak folikel rambut.

Berawal dari kerusakan folikel rambutlah, yang nantinya akan menyebabkan kerontokan parah dan berujung kebotakan pada rambut. Kafein dalam kopi dapat merangsang pertumbuhan dan mengurangi kerontokan rambut.

Kafein juga termasuk ke dalam stimulan, artinya kafein dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Ketika sirkulasi darah sudah lancar dan membaik, hal tersebutlah yang dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat sdan lebih kuat. Serta, tampilan rambut akan menjadi lebih tebal.

Kopi sebagai pewarna rambut alami serta mengatasi uban

sumber : merdeka.com

Kopi juga dapat dijadikan sebagai perwarna rambut loh. Jika kamu yang mempunyai rambut berwarna dan sudah pudar, kemerahan atau bahkan putih karena uban, kamu dapat memakai serbuk kopi untuk mewarnai rambutmu. Kopi memiliki warna coklat gelap yang dapat menyamarkan warna rambut yang berbeda. Nah, untuk kamu yang tertarik mewarnai rambut menggunakan kopi, kamu dapat menggunakan kopi hitam seperti espresso ya!

Kopi membuat rambut lebih berkilau dan lembut

sumber : bpguide.com

Selain mengandung kafein, ternyata kopi juga memiliki flavonoid. Flavonoid ini bermanfaat sebagai antioksidan serta dapat mendorong regenerasi rambut. Rambut yang tadinya kusut dan sulit disisir, dapat menjadi lebih lembut dan halus setelah menggunakan kopi sebagai scrub rambut. Kafein yang terdapat pada kopi selain dapat meningkatkan peredaran sirkulasi darah, kopi juga dapat mempertahankan kelembapan pada rambut, hal tersebut yang membuat rambut dapat lebih sehat dan berkilau.

Kopi sebagai eksfoliasi kulit kepala

sumber : lemonilo.com

Ternyata tidak hanya wajah loh, yang harus di eksfoliasi, kulit kepala juga perlu di eksfoliasi. Kopi dikenal sebagai eksfoliator yang sangat baik. Bubuk kopi dapat membantu mengelupas kulit kepala dan menyingkirkan penumpukan produk,dan kotoran yang terkumpul di kulit kepala. Manfaat lainya kopi dapat mengurangi ketombe dan menjaga kesehatan rambut secara signifikan.

Kopi sebagai pembersih rambut

sumber : Kompas.com

Kopi ternyata dapat berfungsi untuk membersihkan rambut dan kulit kepala juga loh. Sampo yang memiliki kandungan kopi memungkinkan membersihkan rambut secara mendalam. Selain membersihkan, juga dapat mengontrol rambut rontok dan menutrisi batang rambut.

Nah Sahabat deCode, Itu dia manfaat kopi untuk kesehatan rambut kita. Sahabat deCODE yang mempunyai rambut rontok dan kulit kepala yang sensitif, bisa banget untuk menggunakan kopi sebagai alternatif penyembuhannya, karna jika dibandingkan dengan sampo biasa, justru akan membuat rambutmu jadi tambah kering loh!

Penulis: Meta Nur Ayu Editor: Amanda Rizki Amelia