http://www.goodnewsfromindonesia.id

Masalah kesehatan jiwa kerap disepelekan oleh sebagian orang. Padahal kesehatan mental sangatlah penting. Sehatnya mental dapat membantu meningkatkan imunitasmu, lho! Gimana caranya ya? Yuk simak tips dibawah ini!

Penyakit mental masih awam disebagian kalangan masyarakat. Selain tidak bisa dideteksi sendiri, kesehatan mental juga tidak punya obat spesifik yang harus diminum.

Apalagi, dimasa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) seperti ini, mobilitas dikurangi, kegiatan dibatasi membuat masyarakat tidak bisa leluasa untuk bergerak.

Untuk kamu yang bingung harus melakukan apa untuk menjaga kesehatan mentalmu, bisa ikutin 4 tips dibawah ini, ya!

1. Letakkan Gadgetmu!

https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1602499317/n6zbhpvt0cunletqfyy5.jpg

Jangan biarkan gadget mengontrol dirimu. Sesekali, mualailah perbincangan dengan anggota di rumah, sesimpel menanyakan kabar atau berbincang tentang hal yang ada di depanmu. Hal itu akan membuatmu menjadi lebih dekat dengan anggota keluarga. Serta, tubuhmu juga akan merasakan hal yang tidak bisa ditemukan pada gadgetmu.

2. Berolahraga

Jangan hanya berdiam diri di rumah. Sesekali lakukan aktifitas ringan yang bisa membuat tubuhmu lebih prima. Olahraga seperti lompat tali, bermain sepeda atau berlari mungkin bisa menjadi pilihanmu.

Olahraga akan membuat tubuhmu memproduksi hormon endorfin, hormon yang dihasilkan saat seseorang merasa bahagia. Selain membuat tubuhmu menjadi lebih sehat, olahraga juga akan membuat moodmu lebih stabil.

3. Batasi Penggunaan Media Sosial

https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1588223882/stovegfhrkr5obxqnlrw.png

Media sosial memang menghadirkan banyak informasi penting dan menarik. Namun, jangan sampai kita bermain selama seharian penuh.

Selain menyebabkan kecanduan, terus menerus melihat aktifitas orang lain dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan mentalmu.

Kamu akan terus membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain. Lalu, akan membuatmu merasa rendah diri, strees, menimbulkan rasa cemas dan fikiran tidak penting.

Batasi penggunaan sosial untuk mengurangi dampak negatif itu ya agar otakmu berhenti berfikir yang tidak perlu.

4. Rangkai Rutinitas Baru


https://a.m.dana.id/danaweb/blog/1591600329-Landscape.P

Siapa sangka melakukan hal baru bisa kesehatanmu mentalmu menjadi lebih baik. Memasak menu baru yang sedang viral, membaca buku yang belum sempat kamu baca, dan menonton film atau series yang sudah lama ada di wishlist.

Kamu juga bisa mengikuti tren yang ada, seperti bercocok tanam di rumah, memelihara ikan hias atau mulai untuk mendekorasi bagian rumah. Sebisa mungkin lakukan hal yang bermanfaat untuk dirimu dan kesehatan mentalmu.

Buatlah dirimu senyaman mungkin, agar mentalmu merasa bahagia dan imunitasmu akan terus meningkat.

Kunci utamanya, terus lakukan yang baik untukmu dan jika berdampak buruk, jangan ragu untuk meninggalkannya ya, sahabat deCODE!

Author: Safina Diani Handayani Editor: Delfina Rahmadhani