Berbagai pilihan konsep desain interior dapat dijadikan inspirasi untuk mempercantik rumah. Beberapa di antaranya adalah gaya minimalis, farmhouse, dan retro. Salah satu paling diminati para milenials adalah desain farmhouse.

Desain farmhouse memiliki ciri khas yaitu cenderung lebih menerapkan gaya pedesaan dengan sisi ketenangan. Desain ini menerapkan aksen kayu di beberapa sudut ruangan, serta unsur warna hangat dan natural seperti krem, putih, merah bata, kuning muda, dan oranye.

Jika Sobat deCODE adalah tipe orang yang menyukai ketenangan, suasana hangat dan bersahabat, maka rumah farmhouse bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu nih!

Tertarik mendesain rumahmu ala Farmhouse? Simak tips-tips berikut ini, ya.

1. Aplikasikan Warna Netral

Rumah farmhouse identik dengan cirinya yang menenangkan dan netral. Oleh karena itu, warna-warna sebaiknya digunakan lebih dominan adalah putih, krem, dan abu-abu. Selain dinding, warna-warna netral juga diterapkan pada langit-langit dan furniture. Warna aksen yang biasa diterapkan adalah warna seperti biru, hijau, atau burgundy.

Jangan gunakan aksen kuning atau merah cabai ya, Sobat deCODE!

2. Furnitur Sederhana dan Alami

Gaya farmhouse ini, furnitur yang identik adalah cenderung bernuansa alami atau pedesaan. Meskipun terkesan alami, furnitur ini tentu telah mengalami penghalusan atau penambahan cat, sehingga tidak benar-benar alami dari alam. Hal ini bertujuan untuk memberikan tampilan yang bersih, rapi dan nyaman serta hangat dan romantis.

Detail pada arsitektur dan hiasan tentunya akan lebih indah dan menambah estetika rumah bergaya farmhouse ini. Sobat deCODE juga bisa menambahkan lukisan, beadboard di langit-langit ruangan, dan cermin.

3. Penggunaan Lampu Gantung

Pencahayaan merupakan hal krusial di setiap rumah. Model lampu gantung dengan cahaya sangatlah hangat dan cocok untuk rumah bergaya farmhouse. Lampu gantung bisa di letakkan atas wastafel atau dapur, atau area membaca dan belajar.

4. Aplikasikan Permadani

Sobat deCODE juga bisa menambahkan karpet alami berbahan rami, sisal atau goni. Namun, tetap pertahankan warna alami yang sudah menjadi ciri khas rumah farmhouse, ya.  

5. Aplikasikan Tanaman Interior

Selain mempercantik ruangan, tanaman interior dapat membuat kita merasakan suasana yang menyatu dengan alam. Tidak harus tanaman hidup, tanaman imitasi bisa diterapkan. Keep it simple, Sobat DeCODE!

6. Anyaman Rotan sebagai Tempat Penyimpanan

terlihat sangat estetika dan banyak fungsinya, keranjang anyaman rami atau rotan juga dapat dijadikan tempat penyimpanan yang elok untuk majalah, sepatu, perlengkapan mandi, mainan, dan lainnya.

Bagaimana, cantik bukan dekorasi bergaya farmhouse? Apakah Sobat deCODE tertarik untuk mencoba?Jika iya, semoga tips-tips di atas dapat menjadi referensi, ya. Jika tidak dapat merenovasi keseluruhan ruangan, Sobat deCODE bisa mengubah satu-persatu tampilan ruangan. Selamat mencoba!

Penulis: Adhera Wardani Editor: Diva Syafitri