Halo Sahabat deCODE! Siapa yang sangat suka dengan Curry? Ya, Curry adalah masakan asal India yang lezat dengan lumuran saus, daging, sayuran atau lentil. Apabila kamu salah satu penggemar masakan curry, yuk kenali resep dibawah ini! supaya tidak hanya hobi menyantap curry namun juga megetahui cara bahan-bahannya. Berikut adalah resep masakan Curry yang dilansir oleh ndtv.com.

Kari Kerala

Kari Kerala. (sumber: ndtv.com)

Kerala dikenal sebagai“tanah rempah-rempah”. Daerah pegunungannya mempunyai iklim yang mendukung untuk budidaya lada, pala, kapulaga, kayu manis, cengkeh dan kunyit. Kelapa menjadi bahan yang penting dari masakan Kerala. Selain meningkatkan rasa hidangan, kelapa juga dapat memadukan dan mengurangi potensi rempah-rempah. Mangga mentah digunakan dalam beberapa olahan ikan dan sayuran. Begitu juga air jeruk nipis, cuka dan ampas asam jawa sering digunakan untuk memberikan rasa asam yang unik pada makanan.

Makanan Kerala memiliki ciri khas yang sederhana, pedas, beraroma dan rempah-rempah yang tajam rasanya. Sebagian besar Kerala hindu memiliki menu vegetarian dan menggunakan kelapa sebagai bahan makanan.
Orang-orang Kristen Suriah makan lebih banyak ikan dan daging, dan orang-orang Muslim membuat roti yang lezat dan biryani yang mendesis.

Kerala memiliki berbagai macam kari yaitu ada kari ikan klasik yang dibuat dengan santan, kokum, biji sawi, daun kari, dan rempah-rempah asli India Selatan. Lalu ada kadala kari, yaitu kari channa hitam yang biasa disantap dengan puttu, nasi giling dan kelapa yang dikukus.

Kenikmatan Kerala selanjutnya adalah Erissery. Sebuah kari yang dibuat dengan sayuran dan lentil, pasta kelapa yang digiling, dan kelapa panggang. Sahabat deCODE bisa membuatnya dengan menggunakan labu, kacang atau keduanya.

Kari selanjutnya adalah Vendakka yaitu kari yang terbuat dari perpaduan lady finger, kacang thoran dan rebusan ayam atau kambing. Potongan daging kambing atau ayam yang gurih dimasak dengan kuah santan encer yang mengeluarkan aroma yang begitu sedap, yang akan membuat perut Sahabat deCODE kelaparan dan ingin langsung menyantap makanan tersebut.

Tetapi beberapa teknik dan kebiasaan tetap umum di seluruh negara bagian; sayuran dimasak dengan bumbu ringan dan dikukus dalam jus mereka sendiri atau dimasak dalam yogurt santan. Nasi adalah makanan pokok dan nasi merah biasa disantap. Minyak kelapa lebih disukai untuk memasak dan itulah yang memberi masakan Malayali rasa yang berbeda.

Nah itu dia resep kari kerala asal India. Gimana? Sahabat deCODE sudah tertarik untuk coba membuatnya atau makin ingin untuk menuju ke negara India?

Penulis: dhiva puspa Editor: Adhera Wardani