Untuk sebagian orang menganggap bahwa berpikir kreatif hanyalah memikirkan dan menghasilkan sesuatu yang baru semata. Berpikir kreatif ternyata bukan hanya sesuatu yang diperuntukan oleh seseorang di bidang seni atau bidang lainnya yang mengandalkan kreativitas.

Padahal berpikir kreatif juga membutuhkan kemampuan menganalisis secara kritis pada suatu hal. Selain itu, semua bidang kehidupan membutuhkan kemampuan berpikir kreatif untuk mengembangkan dirinya untuk mengasah soft skill.

Bagaimana kemampuan creative thinking ini dapat melatih soft skill-mu? Yuk Simak penjelasan berikut!

  • Problem Solving

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, creative thinking bukan hanya sekedar berpikir untuk menghasilkan hal baru. Melainkan menganalisa, menggali pengetahuan, dan tentunya juga berguna demi kemajuan dan pengembangan karir. Ide baru yang dihasilkan dari tindakan tersebut diperlukan untuk problem solving.

Masalah-masalah yang muncul diselesaikan melalui proses creative thinking. Ia akan mencari cara bagaimana menyelesaikan masalah itu dengan optimal agar tidak terulang kembali. Problem solving sangat berguna saat sudah bekerja, untuk mengatasi masalah yang terjadi di perusahaan.

  • Inovatif

Dalam sebuah literatur James C Coleman dan Coustance L Hammen berpendapat bahwa kreativitas adalah membawa sesuatu yang tidak ada sebelumnya, baik sebagai produk, proses atau pikiran. Hal tersebut merupakan hasil dari tindakan yang dapat disebut sebagai Inovatif. Inovatif inilah merupakan soft skill yang sangat dibutuhkan dalam dunia bekerja.

Seorang yang inovatif mampu bekerja dan memiliki peluang untuk membuatnya tampil dengan ide yang kreatif.

  • Leadership

Seorang pemimpin atau leader sudah sepantasnya memiliki kreativitas dalam berpikir atau menemukan solusi dalam permasalahan yang muncul. Selain itu, proses creative thinking memberikan ide-ide dalam membuat berbagai rencana atau program kerja. Mengingat seorang leader harus memimpin organisasi atau perusahaan untuk bertahan dan bersaing dengan pesaingnya dibidang yang sama.

Hal lain yang diharapkan dari seorang pemimpin kreatif  adalah membuat proses perubahan untuk menghasilkan tingkat kehidupan yang lebih baik. Karena dalam mewujudkan visinya untuk menjadi nyata, ia harus mengetahui cara dan kemampuan dengan proses creative thinking.

Sahabat deCODE, itulah penjelasan bagaimana kemampuan creative thinking  ini dapat melatih soft skill-mu. Yuk! mulai gunakan creative thingking kamu, untuk dapat belajar melatih soft skill-mu dengan cara berpikir kreatif. Sekaligus mendapatkan ilmu agar kamu terbiasa untuk berkerja dan menemukan inovasi yang berguna bagi karier dan perusahaan tempat kamu bekerja.

Penulis: Amanda Rizki Editor: Nur Endah Widowati