Halo sahabat deCODE, memiliki teman yang berdampak positif bagi diri sendiri maupun sekitar, sangat menguntungkan bukan? Namun, teman memiliki berbagai macam karakter. Mulai dari teman yang bisa membuat diri kita berkembang hingga yang merugikan. Apakah kamu pernah mendengar tentang toxic friendship?

Yap! Toxic Friendship merupakan suatu hubungan pertemanan yang selalu membuat diri kamu rugi. Apabila kamu merasa mempunyai teman seperti itu, hindari mulai dari sekarang. Karena tidak akan menguntungkan bagi diri kita. Untuk mengetahui bagaimana caranya yuk lakukan beberapa hal berikut ini:

Dilansir dari Mentalfloss.com, berikut ini beberapa cara yang dapat menghilangkan kita dari teman yang toxic.

1. Memberi Batas

Memberi Batas hal ini dapat di lakukan dengan cara tidak menanggapi chat, memblokir nomor hingga media sosial dari teman toxic kamu.

2. Bersikap Tegas

Ketika kita sudah memutuskan untuk pergi dari kehidupan mereka. Tidak jarang mereka akan menggali lebih dalam kehidupan kita, jika mencoba membuat perpisahan. Maka dari itu, jangan biarkan hal tersebut membuat kamu putus asa. Bersikaplah sangat tegas dengan mereka dan katakan tentang niat kita melakukan perpisahan dengannya, lalu pastikan perkataan kamu tidak disalahartikan.

3. Jangan Terlalu Baik

Tidak ada salahnya memang apabila kita membuat kebaikan kepada teman. Tetapi teman yang toxic cenderung akan mengambil keuntungan dari kebaikan yang kita berikan kepada mereka, bersikap terlalu baik dapat merugikan diri kamu sendiri.

4. Menyadari Bukan Tugas Anda Menyelamatkan Mereka

Teman yang toxic biasanya sangat pintar ketika mereka muncul untuk membutuhkan sesuatu, terutama pada saat-saat krisis dalam hidup mereka sendiri. Tetapi sebaliknya, apabila Anda yang sedang mengalami kesusahan mereka tidak ada pada kehidupan Anda. Hal tersebut perlu anda sadari, bahwa bukan tugas Anda untuk menyelamatkan mereka yang dimana mereka tidak pernah menyelamatkan Anda.

5. Mengetahui Bahwa Telah Selesai

Toxic Friendship akan terus datang kembali kalau Anda membiarkannya, jadi ketika Anda memutuskan untuk berpisah, maka pastikan Anda siap untuk membuat itu selamanya. Karena mereka akan selalu menemukan cara untuk menciptakan masalah atau drama dalam hidup Anda.

6. Identifikasi Toksisitas

Langkah yang dapat kamu lakukan dari menyingkirkan teman yang toxic adalah mengenali fakta bahwa apa yang mereka lakukan itu merugikan kamu. Teman yang toxic akan bersifat manipulatif dan egois. Apabila suatu hubungan pertemanan membebani kamu terus-menerus atau menjatuhkan kamu jauh lebih banyak daripada menolong, sudah saatnya untuk melepaskannya.

Nah, itu dia sahabat deCODE 6 cara agar terhindar dari toxic friendship. Memutuskan tali pertemanan memang akan menyebabkan kesedihan. Tetapi teman seperti ini harus dihindari karena tidak bermanfaat untukmu.

Penulis: Dhiva Puspa Editor: Adhera Wardani