Sahabat deCODE, kalian pernah nggak merasa kulit kalian lebih gelap dari biasanya ketika menggunakan warna-warna tertentu? Nah, itu gunanya mengenali undertone kulit kalian!

Apa itu Undertone?

Dilansir dari popbela.com, undertone merupakan warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen atau keturunan. Hal ini menunjukan bahwa undertone tidak dapat berubah meskipun dipengaruhi oleh beberapa faktor. Umumnya, undertone kulit terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: cool, warm dan neutral.

Jadi, kalau kalian memiliki teman yang kulitnya serupa, belum tentu undertone yang dimiliki juga sama ya, sahabat deCODE!

Mengenali Undertone Melalui Urat Nadi

Sumber Foto: idntimes.com

Tips pertama cukup umum dan diketahui banyak orang, kalian bisa mengenali undertone _kalian hanya dengan melihat urat nadi kalian di bawah matahari. Jika urat nadi kalian berwarna biru, tandanya kalian memiliki cool undertone. Jika berwarna hijau, kalian memiliki warm undertone. Jika terdapat dua warna, yaitu hijau dan ungu, berarti kalian memiliki neutral undertone.

Mengenali Undertone Melalui Kertas

Sumber Foto: blog.printerous.com

Pertama-tama kalian harus menyiapkan kertas putih HVS dan dekatkan atau tempelkan ke daerah wajah, dada, atau leher. Jika kulit kalian terlihat kebiruan dan bercahaya, tandanya kalian memiliki cool undertone. Jika terlihat lebih kuning dan kusam berarti kalian memiliki warm undertone.

Mengenali Undertone Melalui Perhiasan

Sumber Foto: nakita.grid.id

Kalian bisa menggunakan perhiasan apa saja, boleh cincin, gelang, maupun kalung. Jika warna emas terlihat membaur dan cocok pada kulit kalian, tandanya kalian memiliki warm undertone. Jika warna perak terlihat lebih cocok dengan kalian, tandanya kalian memiliki cool undertone.

Memilih Warna Pakaian Berdasarkan Undertone

Nah, sahabat deCODE, undertone kalian apa nih? Jika kalian sudah tau, yuk, sekarang kita tentukan apa warna yang cocok buat kalian!

Untuk kalian yang memiliki warm undertone, gunakan warna dengan unsur earth tone, seperti merah, cokelat khaki, atau hijau olive. Sebaiknya hindari warna icy blue atau perak karena kulit kalian akan terlihat kusam.

Neutral undertone merupakan tone yang bisa menggunakan warna apa saja. Namun, akan lebih baik bila menggunakan warna dusty pink, jade green, kuning jagung, biru pucat, off-white, abu-abu, dan hitam.

Warna biru soft, hijau rumput, pink soft, biru cerah, ungu tua, dan lavender akan sangat cocok dengan pemilik cool undertone. Namun, kulit kalian akan terlihat sangat kontras jika menggunakan warna oranye, merah, dan kuning. Jadi, ada baiknya untuk dihindari.

Penulis: Alfira Nanda Editor: Dhiva Puspa