Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK) Universitas AL-Azhar mengadakan kegiatan E-class yaitu TOEFL FAIR 2021 . Bertajuk tema “Boosting Your English With Toefl Fair” menghadirkan Annisa Uswatun Hasanah yaitu English Tutor Global English Pare & Kampung Course sebagai pemateri. 

E-class tersebut diselenggarakan pada 9-10 Oktober 2021. Hari pertama Toefl Fair 2021 membahas topik  written & structure, sedangkan hari kedua membahas topik reading & listening. Acara ini diselenggarakan secara virtual melalui Zoom meeting. 

Annisa Uswatun Hasanah mengungkapkan,  belajar TOEFL harus dilihat dari apa tujuan kita. Jika untuk bergaya-gaya saja maka hal itu tidak cukup penting. Namun jika kita belajar TOEFL untuk kepentingan yang jelas, misalnya untuk pendidikan di luar negeri atau syarat kelulusan maka hal tersebut penting. 

Belajar dan  mempersiapkan diri lebih matang tentang TOEFL, membantu kita memahami berbahasa inggris dan berkomunikasi lebih efektif. Sebab bahasa inggris merupakan bahasa internasional dan multinational.

KOMIK Tingkatkan Kemampuan Toefl melalui Toefl Fair 2021
Sumber : Reporter deCODE

Annisa juga mengungkapkan kita harus dapat membedakan antara TOEFL dan IELTS. Seiring perkembangan zaman banyak universitas di luar negeri lebih memilih Ielts sebagai persyaratan belajar. IELTS dinilai lebih kompleks daripada TOEFL. Namun TOEFL juga mengalami perkembangan dimana menambahkan beberapa sesi yang hampir mirip dengan IELTS. 

Dalam sesi E-class, Annisa Uswatun membagikann tips mudah untuk mengerjakan soal TOEFL dalam bentuk written atau structure. “Dasar dari sebuah kalimat adalah adanya subject dan verb. Kamu tinggal mengidentifikasikan saja apakah kalimat tersebut sudah ada subject dan verbnya?” ujarnya. 

Selain itu Annisa juga membagikan tips lainya untuk mengerjakan soal TOEFL sesi listening . Dimana, kita dapat mulai berlatih dari kegiatan sehari-sehari seperti menonton film dan mendengarkan podcast berbahasa inggris. Saat ujian sebaiknya menjaga konsentrasi dan fokus. karena audio listening hanya diputarkan sekali.

Selepas E-class,  peserta yang hadir diharapkan  mampu berbahasa inggris secara  efektif, serta  skor TOEFL lebih dari 400 dan  memudahkan kita untuk memperdalam pengetahuan tentang TOEFL.

Penulis: Bintang Bellatrix Editor: Amanda Rizki Amelia