Halo sahabat deCODE! Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama Tere Liye kan? Ya, benar. Tere Liye adalah nama pena dari seorang penulis berbakat di Indonesia loh. Tere Liye sudah memiliki banyak sekali judul novel yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Namun, sahabat deCODE perlu tahu nih. 3 novel Tere Liye bisa bikin kita sedih dan terhanyut dalam kisah-kisah yang ada dalam ceritanya! Mau tahu apa saja novelnya? Yuk simak dibawah ini!

1. Hujan

Sumber Foto : ngobrolin.id.jpg

Novel berjudul ‘Hujan’ ini diangkat dari kisah nyata loh sahabat deCODE. Novel ini berisikan kisah percintaan dengan alur yang keren. Selain kisah percintaan, di dalam novel ini dibalut dengan kisah persahabatan, nilai kemanusiaan, isu-isu dunia, sampai dengan ilmu pengetahuan. Dalam novel ini banyak sekali kutipan-kutipan indah yang bisa bikin kita penasaran. Berikut beberapa kutipannya:

“Kamu tahu kenapa kita mengenang banyak hal saat hujan turun? karena kenangan sama seperti hujan. Ketika dia datang, kita tidak bisa menghentikannya. Bagaimana kita akan menghentikan tetes air yang turun dari langit? hanya bisa ditunggu, hingga selesai dengan sendirinya.” -Tere Liye, Hujan

“Bagian terbaik dari jatuh cinta adalah perasaan itu sendiri. Kamu pernah merasakan rasa sukanya sesuatu yang sulit dilukiskan kuas sang pelukis, sulit disulam menjadi puisi oleh pujangga. Tidak bisa dijelaskan oleh mesin paling canggih sekalipun. Bagian terbaik dari jatuh cinta bukan tentang memiliki. Jadi, kenapa kamu sakit hati setelahnya? kecewa? marah? benci? cemburu?. Jangan-jangan karena kamu tidak pernah paham betapa indahnya jatuh cinta.” -Tere Liye, Hujan

2. Hafalan Shalat Delisa

3 Novel Sedih karya Tere Liye!
Sumber Foto : Kompasiana.com

Novel berjudul ‘Hafalan Shalat Delisa’ ini pun telah di filmkan sejak tahun 2011. Novel ini mengkisahkan seorang anak kecil bernama Delisa yang akan menempuh ujian menghafal bacaan shalat. Sehingga ia terus giat untuk menghafal semua bacaannya. Jika Delisa lulus ujian menghafal bacaan shalat, Ibunya berjanji akan memberikan kalung berinisial D. Namun ketika ujian berlangsung bencana tsunami yang tidak disangka datang. Tsunami menghabiskan semua area tersebut membuat sanak keluarga Delisa hilang dan meninggal dunia. Delisa hidup dengan keterbatasan kaki nya yang lumpuh. Gimana nih sahabat deCODE, pasti rasanya sedih banget kan kalau kita ada diposisi Delisa?

3. Rindu

Sumber Foto : lpmperspektif.com

Dalam novel ini terdapat lima kisah yang berbeda-beda mengenai kerinduan. Semua kisah yang ada didalamnya membuat kita sebagai pembaca akan terbawa suasana yang haru dan sedih. Berikut beberapa kutipan dari novel Rindu.

“Segala sesuatu yang baik, selalu datang di saat terbaiknya. Persis waktunya. Tidak datang lebih cepat, pun tidak lebih lambat. Itulah kenapa rasa sabar itu harus disertai keyakinan.” -Rindu, Tere Liye

“Bersabar dan diam lebih baik. Jika memang jodoh akan terbuka sendiri jalan terbaiknya. Jika tidak, akan diganti dengan orang yang lebih baik.” -Tere Liye

Nah, itu dia sahabat deCODE 3 novel Tere Liye yang bisa bikin kita sedih. Dijamin kita akan terhanyut dalam semua kisah cerita yang ada di dalamnya. Sahabat deCODE penasaran? Yuk langsung aja baca semua novel karya Tere Liye!

Penulis: Novi Nurlela Editor: Nur Endah Widowati