Sumber: Kpopchart.net

Hallo sahabat deCoode! Siapa yang suka nonton drama atau mendengarkan lagu dari Korea Selatan?

Saat ini, popularitas artis asal Negeri Ginseng tersebut sangat mencuri perhatian dunia, termasuk Indonesia. Banyak musisi atau selebriti di berbagai negara yang berkolaborasi dengan artis Korea Selatan, seperti penyanyi grup wanita Blackpink, pernah berkolaborasi dengan musisi asal Amerika Serikat yaitu Dua Lipa dan Selena Gomez, penyanyi grup pria BTS juga pernah berkolabrasi dengan Coldplay, Nicki Minaj dan sebagainya.

Eitss! Jangan kecewa, karena beberapa penyanyi Indonesia juga pernah berkolaborasi dengan artis Korea Selatan lho! Selain membuat masyarakat Indonesia bangga, hal ini juga menandakan bahwa popularitas penyanyi indonesia diakui oleh mancanegara.

Yuk simak, berikut … musisi Indonesia yang berkolaborasi dengan artis asal Korea Selatan.

1. Agnes Monica dan Super Junior

Sumber: Wowkeren.com

Sudah tidak diragukan lagi kesuksesan Agnez Monica sebagai penyanyi internasional. Agnez Monica juga kerap melakukan konser dan menghadiri acara musik di berbagai negara.

Sukses menjadi penyanyi internasional, Agnez pernah berkesempatan untuk tampil bersama dengan Super Junior di panggung Asia Song Festival pada 2009. Tidak hanya bersama Super Junior, Agnez juga berkolaborasi dengan Girls Generation, TVXQ dan lainnya dengan membawakan lagu ‘Heal The World’ milik Michael Jackson.

2. Sule dan Eru

Sumber: Wowkeren.com

Komedian Sule sempat menggemparkan dunia permusikan Indonesia, sebab ia mengeluarkan lagu yang berkolaborasi dengan artis Korea Selatan, yaitu Eru dengan judul lagu ‘Saranghaeyo’ pada tahun 2013.

Lagu tersebut merupakan ciptaan dari Sule langsung yang dibawakan dalam lima bahasa, yaitu Indonesia, Korea, Inggris, Sunda dan Jawa. Walaupun Sule bukan seorang penyanyi, lagu tersebut sukses memikat masyarakat Indonesia. Selain itu, Sule juga kerap membuat beberapa lagu ciptaanya yang juga gak kalah sukses.

3. Rich Brian dan Chungha

Sumber: Idntimes.com

Pada Oktober 2019 masyarakat dikagetkan dengan kolaborasi luar biasa dari rapper asal Indonesia Rich Brian dan penyanyi berbakat Chungha. Mereka merilis lagu dengan judul “These Nights” dengan genre pop yang bikin candu.

Dalam lagu tersebut, penyanyi yang tergabung dalam agensi 88rising tersebut tampil dengan gaya retro ala 1980-an yang membuat masyarakat Indonesia terkesima.

4. Stephanie Poetri dan Jackson Wang

Sumber: Liputan6.com

Penyanyi pendatang baru Stephanie Poetri dengan single pertamanya yaitu ‘I Love You 3000’ sukses menarik perhatian masyarakat Indonesia, tidak hanya Indonesia, lagu ‘I Love You 3000’ juga terkenal di berbagai negara.

Stephanie sukses membuat iri karena berkesempatan berkolaborasi dengan Jackson Wang dengan me-remake lagu ‘I Love You 3000’ miliknya, serta membuat video musik khusus bersama jackson Wang pada 15 Oktober 2019.

5. Afgan dan Jackson Wang

Sumber: CNNIndonesia.com

Awal 2021 ini dihebohkan dengan kolaborasi yang gak kalah luar biasa dari Afgan dan Jackson Wang dengan merilis lagu yang berjudul ‘M.I.A (Missing In Action)’. Lagu tersebut juga berhasil merajai puncak trending di Youtube.

Tidak hanya berkolaborasi dengan Jackson Wang, baru-baru ini juga dikabarkan Afgan merilis lagu yang berkolaborasi dengan B.I mantan leader Ikon dan Bipolar Sunshine dengan judul ‘Lost At Sea (illa illa)’. Bukan hanya di kejutkan dengan rekan kolaborasinya saja, Afgan juga mengejutkan masyarakat, sebab dalam lagu barunya Afgan melakukan rap yang tidak disangka-sangka.

Nah itu dia penyanyi Indonesia yang berhasil berkolaborasi dengan penyanyi asal Korea Selatan. Gimana Sahabat deCode bikin bangga yah, jangan lupa dengarkan lagu-lagunya ya!

Penulis: Annisa Dewi Editor: Amanda Rizki Amelia