Kabar baik datang dari industri perfilman Indonesia. Film “Yuni” garapan Kamila Andini yang diproduseri oleh Ifa Isfansyah ini berhasil meraih penghargaan Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021. Di mana menjadi film pertama Indonesia sekaligus Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan tersebut.

Bangga! Film Yuni Karya Kamila Andini Menang di TIFF 2021

Sumber Foto : detik.com

Karya anak bangsa ini juga terpilih menjadi nominasi pada piala Oscar 2022 mewakili Indonesia. Kabarnya Film “Yuni” telah disiapkan sejak 2017. Jalan ceritanya terinspirasi dari salah satu puisi karya sastrawan ternama, Sapardi Djoko Damono berjudul Hujan Bulan Juni.

Sinopsis Film “Yuni”

Film ini mengangkat dan menyuarakan isu perempuan. Mengisahkan seorang remaja gadis bernama Yuni yang memiliki impian besar untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi setelah lulus sekolah. Namun, impian itu terhalang karena adat ketimuran yang masih melekat pada lingkungan sekitarnya. Diusia mudanya, Yuni diminta untuk segera menikah setelah lulus sekolah.

Terdapat dua laki-laki yang melamar Yuni setelah lulus sekolah, tetapi ditolak olehnya demi mengejar impiannya untuk berkuliah. Namun, ternyata penolakan tersebut menjadi bahan omongan orang-orang sekitar. Ditambah mitos yang mengatakan “jika perempuan menolak lamaran sampai tiga kali, maka perempuan itu tidak akan bisa menikah”. Alias menjadi perawan tua. Hal tersebut membuat Yuni bimbang untuk melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah.

Fakta Film “Yuni”

Film “Yuni” menggunakan bahasa Jawa Banten dan Sunda Banten dalam dialognya. Dibintangi oleh Arawinda Kirana yang memiliki latar belakang di dunia teater dan tari sejak dini. Film ini merupakan film ketiga Kamila Andini yang diikutsertakan dalam Toronto International Film Festival (TIFF).

Aktor Sound of Metal Riz Ahmed sebagai juri dari kompetisi TIFF 2021 mengumumkan bahwa film “Yuni” mendapatkan penghargaan Platform Prize. Film ini juga masih berkompetisi pada ajang film festival di negara-negara tetangga.

Jadwal Tayang Film “Yuni”

Film ini akan release di bioskop-bioskop Indonesia mulai 9 Desember 2021. Namun, sebelumnya telah dilakukan pemutaran khusus dibeberapa daerah, diantaranya sebagai berikut :

  1. Sabtu, 16 Oktober 2021 Pukul 12:30 WIB di Empire XXI, Bandung
  2. Minggu, 17 Oktober 2021 Pukul 12:30 WIB di Cilegon XXI, Cilegon
  3. Senin, 18 Oktober 2021 Pukul 12:30 WIB di Cilegon XXI, Cilegon
  4. Selasa, 19 Oktober 2021 Pukul 12:30 WIB di Citra XXI, Semarang
  5. Rabu, 20 Oktober 2021 Pukul 12:30 WIB di The Park XXI, Solo
  6. Kamis, 21 Oktober 2021 Pukul 12:30 WIB di Jogja City XXI, Jogjakarta

Menarik sekali ya sahabat deCODE. Catat tanggal rilis nya agar tidak ketinggalan. Untuk sahabat deCODE yang masih penasaran, bisa dilihat dulu nih trailer dari film “Yuni” https://www.youtube.com/watch?v=s1TgZHJgUCQ. Selamat menyaksikan!

Penulis: Siti Masitoh Editor: Wifda Mufti Karima