Halo sahabat deCODE! Bagi kalian yang sering mengalami kesulitan tidur, hal itu bisa jadi tanda bahwa kamu mengalami gejala bernama insomnia. Kebiasaan tidur malam yang normal disertai dengan durasi yang cukup, merupakan hal penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Insomnia merupakan keadaan yang membuat tubuh kita sulit untuk tidur cepat atau tidak tidur sama sekali.

Manusia pada umumnya membutuhkan waktu untuk tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam tidur per malam. Durasi tersebut tidak sama untuk semua orang, tergantung pada sejumlah faktor.

Insomnia dapat terjadi bagi siapa saja yang mengalami gangguan. Seperti stres, cemas, kondisi tidur yang tidak nyaman, kebisingan, penggunaan obat, alkohol, kafein, dan nikotin.

Selain tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Insomnia juga memberikan dampak tidak baik lainnya, seperti membuat tubuh mudah lelah sepanjang hari, memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Selain itu, insomnia juga bisa memengaruhi suasana hati dan mengurangi kemampuan untuk berkonsentrasi. Terlebih lagi, penderita insomnia berisiko terkena penyakit depresi, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Bagi sahabat deCODE yang pernah mengalami gejala sulit tidur. Berikut 5 cara efektif atasi gangguan sulit tidur atau insomnia tanpa obat.

  1. Jadwal Tidur

Kalian bisa menetapkan jadwal tidur untuk membantu mengatasi insomnia. Hal ini memaksa kalian untuk segera tidur pada jadwal yang ditetapkan. Kalian bisa mengatur waktu tidur dan waktu bangun yang teratur agar melatih tubuh kalian untuk terbiasa tidur pada jam-jam tersebut.

2. Pengaturan Cahaya

Kamar yang gelap lebih mudah membantu seseorang untuk tertidur. Hindari menonton televisi yang hidup semalaman atau menggunakan ponselsebelum kalian tidur ya sahabat deCODE. Hal ini dikarenakan spektrum cahaya dari ponsel memiliki efek merangsang yang membuat kalian lebih sulit untuk tidur.

3. Nutrisi

Makanan dan minuman yang dikonsumsi ternyata memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas tidur kalian. Makanlah makanan yang memiliki banyak keuntungan dengan menghindari makan makanan besar beberapa jam sebelum tidur.

Hindari konsumsi alkohol dan kafein karena dapat memengaruhi kualitas tidur kalian atau membuat kalian sulit untuk tertidur.

4. Olahraga

Melakukan beberapa aktivitas fisik menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga membantu meningkatkan kualitas tidur kalian.

Hal ini disebabkan ketika berolahraga tubuh melepaskan endorfin yang membuat kalian merasa terjaga dan berenergi. Mulailah untuk berolahraga lebih awal dan hindari olahraga dalam waktu dua jam sebelum tidur.

5. Relaksasi

Relaksasi dapat dilakukan dengan tidak mengerjakan tugas berat di malam hari atau sebelum tidur.

Buatlah kamar tidur kalian menjadi nyaman dengan cara meredupkan lampu. Mengatur suhu ruangan yang baik jika memungkinkan, dan mengurangi kebisingan seperti menyembunyikan jam dinding agar tidak terganggu dengan suaranya. 

Itu dia beberapa cara efektif yang bisa sahabat deCODE lakukan apabila mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia.

Penulis: Muhammad Faqih Erbara Editor: Nur Endah Widowati