Korea Selatan merupakan salah satu negara yang memiliki sistem pengelolaan sampah terbaik di dunia. Kabarnya kini menduduki posisi ke-2 negara terbaik dalam bidang daur ulang sampah. Menurut Profesor Universitas Kyonggi, pemerintah Korsel sudah mensosialisasikan kepada masyaraktnya untuk lebih bijak dalam memilah sampah sesuai kategorinya.

Saat ini, masyarakat diwajibkan untuk lebih hati-hati dalam mmebuang sampah. Apakah sampah tersebut merupakan sampah daur ulang atau non daur ulang.

  1. Sampah Daur Ulang
Cara Pemerintah Korea Selatan dalam Mengelola Sampah

Sumber Foto: id.quora.com

Sampah daur ulang dapat dikategorikan lagi menjadi beberapa jenis sampah seperti sampah berbahan dasar kaleng, sampah berbahan dasar plastik, sampah berbahan dasar kaca, sampah berbahan dasar kertas. Di korsel, setiap harinya akan ada petugas sampah yang mengambil sampah di tiap-tiap rumah atau apartemen.

Cara Pemerintah Korea Selatan dalam Mengelola Sampah

Sumber Foto: id.quora.com

Selain itu, ada juga tempat sampah khusus untuk pakaian bekas yang masih layak pakai, sepatu, coat, dan sebagainya. Biasanya hasil dari pembuangan pakaian bekas ini akan disumbangkan atau diekspor ke negara lain.

2. Sampah Non Daur Ulang

Cara Pemerintah Korea Selatan dalam Mengelola Sampah

Sumber Foto: id.quora.com

Untuk sampah non daur ulang diharuskan untuk dibuang ke kantong plastik.  Jika melanggarnya, penduduk akan diberikan sanksi berupa denda uang sesuai peraturan yang sudah disepakati. Karena nantinya sampah non daur ulang akan dibakar dan diolah menjadi biogas.

Begitulah cara pemerintah Korea Selatan melakukan dalam mengelola sampah . Memang terlihat jauh lebih sulit, meski begitu,  jauh lebih efektif untuk mengolah sampah. Jika tidak dipisah, sampah akan tercampur, dan sulit untuk didaur ulang.

Penulis: Safna Mutiara Syahfitri Editor: Delfina Rahmadhani