Halo sahabat deCODE! Sahabat deCODE pasti udah tahu kan kalau negara tercinta kita ini adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam etnis, suku, dan juga kepercayaan. Tentunya dengan hal ini membuat Indonesia memiliki berbagai macam tradisi yang unik. Nah kali ini sahabat deCODE perlu tahu 3 contoh tradisi unik yang hanya ada di Indonesia, Yuk simak berikut iniRitual Tiwah

  1. Ritual Tiwah

Ritual Tiwah berasal dari Kalimantan Tengah, khususnya yang dilakukan oleh suku Dayak. Ritual Tiwah adalah tradisi yang dilakukan untuk orang yang sudah lama meninggal dunia dan sebagai acang pengantaran tulang orang yang meninggal tersebut ke sebuah rumah yang disebut Sandung. tujuan diadakannya ritual ini yaitu untuk melepaskan kesialan bagi keluarga yang sudah ditinggalkan dan meluruskan perjalanan arwah menuju Lewu Tatau.

2. Kebo-keboan
Kebo-keboan berasal dari Banyuwangi, tepatnya di desa Alasmalang, Singojuruh. Ritual ini diadakan setiap setahun sekali yang dilaksanakan pada tanggal 10 Suro atau 10 Muharram. Ritual ini dilakukan oleh beberapa laki-laki yang berdandan seperti kerbau dan berkorban untuk membajak sawah. Tujuan diadakan ritual ini adalah untuk meminta hujan ketika musim kemarau telah tiba.

3. Tabuik
Tabuik berasal dari Sumatera Barat yang artinya dalam bahasa Arab yaitu tabut atau mengarak. Acara ini dilakukan turun temurun dan digelar setiap hari Asyura yaitu pada tanggal 10 Muharram. Upacara tradisi ini dijadikan sebagai simbol dan bentuk ekspresi rasa duka mendalam dan rasa hormat umat Islam di Pariaman terhadap cucu Nabi Muhammad SAW.

Nah, itu dia tiga contoh tradisi unik yang hanya ada di Indonesia lho! Selain ketiga tradisi tersebut masih banyak lho tradisi-tradisi yang lain yang bisa sahabat deCODE cari tahu lebih lanjut.

Penulis: Novi Nurlela Editor: Nur Endah Wwidowati