Para penikmat film Hollywood pasti sudah tidak asing lagi dengan ajang penghargaan yang satu ini. Academy Award atau yang lebih dikenal dengan Oscar adalah penghargaan tertinggi yang diperuntukkan bagi industri perfilman Hollywood. Ajang penghargaan Piala Oscar pertama kali digelar pada sebuah acara makan malam yang dihadiri sekitar 250 orang di Roosevelt Hotel, Hollywood, California. Lahirnya Piala Oscar dimulai saat kepala studio M-G-M, Louis B. Mayer beserta tamu-tamunya berdiskusi mengenai pembuatan sebuah kelompok yang terorganisir untuk memberi manfaat bagi industri film pada tahun 1927.

Seminggu setelah pertemuan tersebut, seluruh cabang kreatif industri film melakukan pertemuan dan menyampaikan usulan untuk mendirikan Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Douglas Fairbanks terpilih sebagai presiden pertama dari akademi tersebut.Academy Awards merupakan tontonan yang awalnya hanya disaksikan oleh masyarakat Amerika sejak tahun 1953. Namun, acara ini akhirnya disiarkan secara internasional sejak tahun 1969 dan menjadi sebuah ajang penghargaan tahunan yang ditonton jutaan orang di seluruh dunia.

Pemberian nama Oscar pada ajang penghargaan film tersebut ternyata memiliki cerita yang terbagi ke dalam tiga versi. Aktris Bette Davis menyebutkan bahwa nama tersebut berasal darinya karena bagian belakang patung terlihat seperti suaminya yang bernama Harmon Oscar Nelson. Kolumnis Sidney Skolsky menyatakan bahwa ia memberikan nama lain untuk penghargaan tersebut agar tidak ada pretensi. Teori lain juga menyebutkan bahwa nama Oscar merupakan penghargaan untuk pustakawan Academy bernama Margaret Herrick yang menyebut patung tersebut mirip pamannya, Paman Oscar. Hingga saat ini, belum ada yang mengetahui dengan pasti dari mana asal muassal nama Oscar itu berasal.

Daftar Lengkap Nominasi Piala Oscar 2020
Sumber : Medcom.id

Desain pertama piala pemenang Academy Award berupa seorang ksatria yang berdiri di atas gulungan film dan memegang pedang. Selama bertahun-tahun, piala tersebut terbuat dari perunggu dengan lapisan emas 24 karat. Pasca Perang Dunia II, bahan perunggu diganti menjadi gips karena keterbatasan logam. Saat ini, piala tersebut terbuat dari bahan britannium dengan lapisan emas dengan ukuran piala sebesar 34,4 cm dan berat 3,8 kg. Itu dia beberapa fakta menarik mengenai asal-usul Piala Oscar, dari sejarah hingga asal nama.

Penulis: Muhammad Faqih Erbara Editor: Muhammad Revanza