Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia sejak 2019 lalu, memberikan dampak negatif bagi seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali para pelajar. Sistem belajar yang harus diubah menjadi pendidikan jarak jauh (PJJ) dikatakan sebagai sistem belajar yang kurang fleksibel. Banyak pelajar yang mengaku merasa kesulitan dalam proses pemahaman materi. Mereka memerlukan interaksi tatap muka dengan guru sehingga materi bisa tersampaikan dan terserap dengan baik.

            Namun melihat angka penularan Covid-19 di Indonesia tahun ini, nampaknya pemerintah harus berpikir dua kali untuk memberikan kebijakan sekolah offline. Pemerintah tidak akan membiarkan siswa-siswa Indonesia belajar luring dengan kondisi yang mengkhawatirkan. Oleh karenanya, perlu memikirkan solusi untuk meningkatkan rasa produktifitas selama praktik PJJ masih berlangsung. Apabila produktifitas kamu merasa semakin meningkat dari hari ke hari, maka kemungkinan untuk mendapatkan kemudahan dalam menyerap materi dari guru juga akan semakin mudah.

            Nah, untuk memulai perjalanan sebagai siswa yang produktif, kamu bisa menerapkan hal-hal di bawah ini:

  1. Membuat jadwal belajar

Membuat jadwal belajar akan memudahkan kita untuk fokus dan juga menjadi acuan prioritas pekerjaan apa yang harus segera diselesaikan. Selain itu, jadwal belajar ini juga akan membantu kita dalam membentuk rasa disiplin. Jangan lupa untuk mematuhi jadwalnya, ya!

2. Menciptakan ruang belajar yang nyaman.

Memiliki ruang belajar yang nyaman tentunya merupakan sebuah impian bagi semua pelajar karena nantinya akan membuat kita terasa nyaman dalam waktu yang lama ketika belajar. Kamu bisa menghias meja belajar sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bebaskan kreatifitasmu untuk menciptakan sebuah ruang belajar yang nyaman. Kelak, ruang belajar yang cantik ini akan menambah rasa semangat belajar di dalam dirimu.

3. Temukan teman belajar yang suportif.

Menemukan teman belajar yang suportif akan sangat membantu kamu dalam meningkatkan rasa produktif. Kemalasan di dalam dirimu perlahan-lahan akan menghilang ketika berhasil menemukan teman yang cocok. Dengan begitu, rasa produktifitasmu akan meningkat.

4. Tanamkan motivasi belajar yang kuat

Tanpa motivasi yang kuat, kamu bisa saja menyerah di tengah-tengah kegiatan belajar. Jadi ketika merasa lelah atau ingin menyerah, ingatlah bahwa ada mimpi yang ingin kamu capai. Jadikan mimpi itu sebagai motivasimu untuk terus belajar.

Dengan menerapkan keempat tips di atas dalam kehidupan sekolah sehari-hari, maka tingkat produktifitasmu akan meningkat. Kemudian di akhir semester, kamu akan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.

Penulis: Safna Mutiara Syahfitri Editor: Khaerunnisa Alfitri