Acara pengukuhan program Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dilaksanakan dilaksanakan pada 28 maret 2022 yang diselenggarakn secara hybrid di Auditorium Arifin Panigoro dengan protokol kesehatan yang ketat dan juga menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Mengusung tema “Optimalisasi Komunikasi dalam Transformasi Digital, Menuju Indonesia Emas 2045” yang bertujuan untuk mengembangkan generasi berkualitas yang siap menghadapi era Indonesia maju, menggali peran penting komunikasi dan teknologi digital, serta membangun opini publik tentang pentingnya pendidikan dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Berdasarkan rasa tanggung jawab, rencana tersebut bertujuan untuk mendorong optimalisasi digital guna mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia pascapandemi. Kemajuan teknologi digital telah menyebabkan pertukaran informasi lintas batas. Mencapai percepatan pertumbuhan ekonomi membutuhkan kemampuan untuk menggunakan teknologi digital. Oleh karena itu, optimalisasi teknologi digital menjadi keniscayaan untuk mewujudkan Indonesia yang maju saat ini.

Optimalisasi teknologi digital ini merupakan salah satu bentuk upaya meningkatkan perekonomian global melalui digital. Pada tahun 2022, Indonesia diumumkan sebagai ketua Kelompok Dua Puluh (G20) selama satu tahun. Presiden Joko Widodo menetapkan misi “Pulihkan Bersama, Pulihkan Lebih Kuat” pada Kepresidenan G20 tahun ini. Upaya mendorong pertumbuhan yang inklusif, berpusat pada rakyat, perlindungan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan merupakan komitmen pemerintah Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan melalui kerjasama dan inovasi dengan semua pihak.

Dalam sambutannya, Rektor dan Guru Besar Universitas Al-Azhar Indonesia mengatakan. PhD. inframerah. MSc Asep Saefuddin berharap program MSc Ilmu Komunikasi ini dapat mendorong semangat tersebut dan terus memberikan kontribusi ilmu kepada generasi muda dan pendidik profesional di Indonesia.

Sumber: youtube.com/Universitas Al Azhar Indonesia

H. Muhammad Suhadi, S.Kom, Presiden Yayasan Pondok Pesantren Al-Azhar, turut hadir dalam acara tersebut dan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Universitas Al-Azhar yang telah menanamkan nilai-nilai spiritual, etika dan moralitas, kebanggaan. Etika Islam dan sistem pendidikan dan pembelajaran. Ia berharap Universitas Al-Azhar Indonesia, khususnya program Magister Ilmu Komunikasi, dapat menghadapi tantangan di Indonesia saat ini dan memberi warna baru pada program Magister Ilmu Komunikasi di Indonesia.

Sumber: youtube.com/Universitas Al Azhar Indonesia

Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P., Ketua LLDIKTI III, juga memberikan selamat kepada Universitas Al PhD. inframerah. Ketua III LLDIKTI Anggota DPR Paristiyanti Nurwardani juga mengucapkan selamat kepada Universitas Al-Azhar yang telah mendapatkan izin untuk menawarkan program Magister Ilmu Komunikasi. Dalam sambutannya, ia berharap agar para lulusan Magister Ilmu Komunikasi tidak hanya memperoleh sertifikat kelulusan, tetapi juga memperoleh sertifikasi kompetensi tingkat nasional dan internasional terkait dengan berbagai kegiatan komunikasi. Perguruan tinggi juga harus berkolaborasi dalam riset industri, pengembangan teknologi, serta bekerja sama dengan industri sekitar dan mengembangkan ekonomi, katanya, serta harus terlibat dalam menyiapkan 9 juta talenta digital untuk kepentingan Indonesia pada tahun 2035.

Sumber: youtube.com/Universitas Al Azhar Indonesia

Acara Launching dan Webinar Magister Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia juga turut dihadiri oleh:

  1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa,
  2. Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P., Ketua LLDIKTI III,  
  3. Prof. Yinghuei Chen, Ph.D, perwakilan dari Asia University Taiwan,
  4. Dr Zuriani Ahmad Zukarnain, Ketua Fakultas Ilmu Komputer dan Matematika UiTM Cabang Kelantan,Malaysia,
  5. Prof.Dr.Engkus Kuswarno, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD Bandung,
  6. H. Muhammad Suhadi, S.Kom, Ketua Umum Yayasan Pesantren Al Azhar Indonesia
  7. Seluruh Mahasiswa, dosen dan pejabat di lingkungan Universitas Al-Azhar Indonesia,
  8. Pimpinan Kementerian PUPR, Kementerian Agraria & Tata Ruang Indonesia,
  9. Polda Metro Jaya,
  10. Pimpinan Lembaga Pendidikan Tinggi sekitar Universitas Al-Azhar Indonesia : Universitas Prof. Dr. Moestopo, Politeknik Tempo, LSPR, Universitas Sahid, Interstudi, Dian Nusantara, Kepala Sekolah SMA sekitar UAI, dan Kedutaan Besar.

Seluruh narasumber mengucapkan selamat atas pembukaan program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia.

Dengan adanya kegiatan ini, khususnya untuk program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia diharapkan dapat memberikan warna baru bagi pendidikan di Indonesia.

Penulis: Wifda Mufti Karima Editor: BIntang Bella