Halo sahabat deCODE! Tidak terasa sudah seminggu kita berpuasa yang artinya lebaran semakin dekat. Sahabat deCODE pasti sudah tidak asing lagi dengan baju khas lebaran dengan model kaftan atau abaya. Akan tetapi, apakah kalian tau Asal-Usul Kaftan dan Abaya yang Menjadi Khas Baju Lebaran?

1. Kaftan

Kaftan merupakan busana muslim seperti gamis yang umunya mempunyai kerutan di bagian tengah dan bentuk lengan yang lebar. Dilansir dari Vogue.com, Kaftan diambil dari bahasa Persia dan diyakini berasal dari peradaban Mespotamia Kuno. Gaya berpakaian Kaftan mulai terkenal pada tahun 1950-an saat diadaptasi oleh Christian Dior dan Balenciaga. Saat ini kaftan banyak diincar oleh para muslimah dan menjadi khas baju lebaran.

Sumber: my-best.id

2. Abaya

Model baju Abaya sering disebut dengan gamis Arab. Abaya merupakan busana muslim khas Timur Tengah dengan warna hitam yang menjadi ciri khasnya. Berbeda dengan kaftan, abaya memiliki potongan yang lebih lebar dan umunya tidak terdapat kerutan di bagian tengah. Asal-usul abaya belum diketahui dengan jelas, beberapa sumber mengatakan bahwa abaya telah muncul selama 4000 tahun lalu pada peradapan Mespotamia Kuno. Sama seperti kaftan, abaya pun banyak diincar oleh para muslimah dalam menyambut hari lebaran.

Sumber: shopee.co.id

Nah, itulah informasi mengenai Asal-Usul Kaftan dan Abaya yang Menjadi Khas Baju Lebaran. Dari kedua model baju diatas, model mana nih yang paling sahabat deCODE suka?

Baca Juga 5 Tempat Makan Buat Bukber Bareng Teman di Jakarta

Penulis: Wifda Mufti Karima Editor: Nisriina Nurhaliza