Jangan kira menjadi barista itu tak bisa dilakukan secara otodidak. Banyak barista yang kita temui di beragam kedai kopi, justru memelajari seluk-beluk kopi dengan cara otodidak, tanpa kursus kebaristaan. Ya memang, jika kamu ‘masuk’ sekolah barista semua hal tentang kopi pastilah bisa digali dengan lebih dalam. Namun, ada juga beberapa cara gratis menjadi barista pemula yang bisa kamu tiru, jika kamu benar-benar tertarik mendalami dunia kopi. Berikut adalah cara-cara menjadi barista yang bisa kamu terapkan. Bagi kamu yang tertarik menjadi barista, Yuk, disimak!

  • Internet adalah guru yang jitu

Jika kamu ingin jadi barista, paling tidak barista rumahan untuk diri sendiri, gali situs-situs tentang kopi. Banyak ilmu tentang kebaristaan yang tersebar di Internet. Mulai dari sprudge.com, Majalah Otten, perfectdailygrind.com, jimseven.com dan sejumlah situs-situs kopi lain yang ilmunya bisa kamu serap.

Tak hanya pada situs-situs kopi, kamu juga bisa praktik langsung dengan mengintip channel Youtube. Tinggal cari apa yang ingin kamu ketahui. Misalnya meracik kopi dengan seduh manual atau cara membuat latte art. Youtube menyediakan semua yang kamu butuhkan asal kamu mau mencoba. Dan yang penting semuanya gratis!

  • Belajarlah dari teman baristamu

Punya teman barista? Suka nongkrong di kedai kopi? Kenapa hobi nongkrongmu itu tidak dimanfaatkan untuk belajar juga? Beberapa teman barista, saya justru menjadi barista berkat sering main ke kedai kopi dan mencuri ilmu dari teman barista mereka juga. Coba sering-sering nongkrong di coffee bar dan intip bagaimana cara menjadi barista profesional peracik kopi.

Jangan lupa tanya tips dan triknya. Barista yang baik pasti tak enggan berbagi ilmu. Dan sebagai murid yang baik tentu kamu tak akan menyia-nyiakan apa yang dilakukan gurumu di hadapanmu, bukan?

  • Bacalah buku disertai latihan

Klise memang, tapi buku kopi dan latihan yang tiada henti adalah dua hal yang tak bisa disangkal. Membaca buku-buku kopi yang ditulis oleh mereka yang ahli akan membuka wawasan dan tentunya menambah ilmu kebaristaan.

Sedangkan, latihan terus-menerus akan melahirkan keahlian yang terasah seiring berjalannya waktu. Jangan takut dan kecil hati menjadi barista yang lahir tanpa kursus. Ilmu dan kepintaraan terkadang tak sekedar lahir dari bangku sekolah.

Jadi, gimana? Sahabat deCODE tertarik menjadi baristanggak?

Sumber: ottencoffee.co.id

Reporter: Muhammad Faisal Barakuan | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana