Dalam KBBI, galau mempunyai arti pikiran/perasaan yang sedang kacau. Keadaan galau bisa dirasakan oleh siapa saja, terutama orang yang sedang patah hati atau putus cinta.

Dengan mendengarkan lagu yang bernuansa sedih akan membuat kita merasa lebih dimengerti. Terlebih jika makna dalam lagunya sama dengan peristiwa yang dirasakan. Lagu menjadi salah satu media untuk menyampaikan emosi sekaligus memberi validasi atas emosi yang kita rasakan.  

Nah, lagu apa saja sih yang bisa jadi pilihan untuk didengarkan?  Yuk, simak 5 rekomendasi lagu yang cocok buat nemenin kegalauanmu.

  1. Hati-Hati di Jalan – Tulus

“Hati-hati di Jalan” milik tulus dirilis pada 3 Maret 2022 lalu. Lagu ini masuk ke dalam album Manusia sebagai tanda Tulus sudah satu dekade berkarir di dunia musik. Pada awal perilisannya, lagu ini viral di berbagai platform musik.

Lagu ini menceritakan tentang kisah seseorang yang bertemu dengan orang yang ia cari. Ia mengira bahwa akan terus bersama dengan orang tersebut. Namun, kenyataannya mereka harus berpisah.

2. Enough For You – Olivia Rodrigo

Olivia Rodrigo memang terkenal dengan lagu-lagu galaunya yang sebagian besar relate dengan masalah percintaan remaja. Salah satunya lagu yang berjudul “Enough For You” yang dirilis pada 21 Mei 2021 berbarengan dengan diluncurkannya album SOUR.

Pada lagu tersebut olivia berusaha untuk jadi yang terbaik bagi kekasihnya agar sang kekasih bisa merasa ‘cukup’ akan dirinya. Tetapi perjuangannya tidak memberikan hasil yang sesuai harapan.

3. Pesan Terakhir – Lyodra

Nama Lyodra populer setelah ia menjadi juara Indonesian Idol tahun 2019. Lagu “Pesan Terakhir” pertama kali dirilis pada 7 Agustus 2022. Lagu tersebut telah diputar lebih dari 49 juta kali di YouTube Lyodra Official.

Lewat lagunya, penyanyi bersuara lembut ini berusaha mengungkapkan kisah seseorang yang cintanya tidak terbalaskan dan terpaksa harus mengakhiri kisah cinta mereka.

4. Love in The Dark – Adelle

Adelle terkenal dengan karya lagunya yang sangat menyayat hati. Lagu “Love in The Dark” dirilis kurang lebih enam tahun silam yaitu pada 20 november 2015.

Lagu ini menggambarkan tentang keinginan seseorang untuk mengakhiri hubungan asmaranya karena sudah tidak merasa bahagia selama menjalani hubungan. Ditambah ia harus bertahan di tengah banyak perselisihan.

5. Tenang – Yura Yunita

Lagu “Tenang” yang dibawakan oleh Yura Yunita dirilis pada 16 April 2021. Saat ini lagu tersebut telah diputar lebih dari 10 juta kali di YouTube Yura Yunita.

Lagu ini mengungkapkan tentang perasaan resah seseorang yang sedang merenung dan berdoa kepada Tuhan untuk meluapkan perasaannya. Lagu ini bisa dijadikan sebagai pengingat bahwa segala yang terjadi merupakan kehendak Tuhan.

Itulah 5 rekomendasi lagu yang bisa kamu dengarkan pas lagi galau. Selamat mendengarkan!

Penulis: Safna Mutiara Syahfitri Editor: Wifda Mufti Karima