Halo sahabat deCODE, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan ya. Tak terasa kita sudah memasuki minggu kedua puasa nih. Pastinya sahabat deCODE sudah tidak sabar menanti momen lebaran. Decode menemukan tradisi unik dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri yang ada di 5 Negara. Simak daftar di bawah ini.

Hari Raya Idul Fitri atau biasa juga dikenal dengan lebaran. Hari dimana seluruh umat muslim di dunia merayakan berakhirnya bulan puasa ramadan. Seluruh umat muslim akan menyambutnya dengan penuh sukacita.

Uniknya, di setiap negara mempunyai ciri khas tersendiri dalam merayakan lebaran. Biasanya hal ini disesuaikan dengan kultur dan budaya setiap negara.

Yuk intip, Tradisi Unik di 5 Negara dalam Merayakan Hari Raya Idul Fitri.

1. India

Sumber: Treat.id

Jauh sebelum hari raya, umat muslim di India biasanya sudah mulai mencari pakaian-pakaian tradisional untuk dikenakan saat bersilaturahmi dan salat eid.

Para wanita juga mempersiapkan diri dengan memakai henna di tangan dan kaki mereka. Beragam bentuk henna dirangkai indah sebagai bentuk sukacita menyambut Hari Raya Idul Fitri. Begitupun, dengan para lelaki yang ikut menuliskan kata-kata eid mubarak dipergelangan tangan mereka.

2. Turki

Sumber: Futbolarena.com

Tradisi lebaran yang tidak pernah ketinggalan dari negara Turki adalah Seker Baryam. Seker bayam merupakan bentuk perayaan manisan. Perayaan gula ini maksudnya masyarakat Turki di setiap rumah akan menghidangkan makanan manis ketika memasuki Hari Raya Idul Fitri.

Makanan yang disediakan sangat banyak di antaranya coklat, permen hingga kudapan makanan khas Turki seperti: tori baklava ataupun turkish delight.

3. Australia

Sumber: Canberratimes.com

Meskipun Australia bukan negara mayoritas Islam. Namun, saat lebaran tiba pemerintah dan seluruh masyarakat penduduknya menyambut hari kemenangan tersebut dengan penuh sukacita.

Semua penduduk di Australia saling toleransi atas perayaan yang dilakukan umat muslim. Seperti halnya tradisi festival multikultural. Festival ini tidak hanya untuk umat islam saja, melainkan seluruh masyarakat Australia. Beragam kegiatan pun di perlihatkan seperti, pertunjukan budaya, stand-stand unik, dan berbagai permainan anak.

4. Arab Saudi

Sumber: Popbela.com

Di Riyadh, Arab Saudi, perayaan lebaran kental dengan kesenian. Sejumlah pertunjukan diadakan, seperti teater, baca puisi, parade, hingga pertunjukan musik. Tak lupa, umat muslim disana juga mendekor rumahnya agar terlihat menarik.

Dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri, umat muslim disana memiliki makanan khas yaitu, daging domba yang dikombinasikan dengan nasi dan sayuran tradisional.

5. Irlandia

Sumber: Dunia.tempo.co

Tak kalah unik dari negara lain, para komunitas muslim di Irlandia dalam merayakan lebaran juga sangat menarik. Mereka menggelar festival megah yang dilaksanakan pada salah satu stadion terbesar di lokasi setempat yakni Croke Park.

Festival ini rutin dilakukan setiap tahunnya dan tidak hanya saat Hari Raya Idul Fitri saja, melainkan idul adha juga.

Nah itu dia keunikan Hari Raya Idul Fitri di 5 negara. Semoga tahun ini kita bisa kembali merayakan lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Sehat selalu sahabat deCODE.

Penulis: Nadila Natasya Editor: Wifda Mufti Karima