Bagi mahasiswa yang memiliki segudang aktivitas dan berbagai macam kesibukan sepanjang hari, tentu bukanlah hal yang mudah untuk selalu bisa tampil prima dan fit sepanjang waktu. Berbagai macam kesibukan di kampus akan sangat menyita segala perhatian dan menuntut kemampuan kerja secara maksimal.

Oleh karena itu, bisa saja kalian mengalami stres saat menyelesaikan segala pekerjaan. Akan tetapi kalian ngga usah khawatir, deCODE punya 5 tips menyembuhkan stress untuk kalian. Supaya stress yang kalian hadapi bisa disembuhkan.

  • Perbanyaklah minum air putih

Sebagian besar orang berasumsi bahwa saat kalian stress, mengkonsumsi minuman beralkohol seperti anggur dapat membantu kalian dengan segera. Hal ini, bisa saja membantu kalian tetapi hanya bersifat sementara.

Alasannya karena penelitian menyebutkan, bahwa dengan meminum segelas atau dua gelas anggur akan membantu kita menjadi lebih rileks dan santai. Namun, pada kenyataannya, efek dari alkohol yang terkandung di dalam anggur tersebut hanya akan bertahan selama beberapa jam saja dan kalian akan kembali merasakan stress saat terbangun setelahnya.

Memperbanyak minum air putih adalah pilihan yang paling tepat. Air putih akan dengan segera membantu kalian kembali pulih dari efek kekurangan cairan tubuh yang besar kemungkinan menjadi penyebab datangnya stress. Kekurangan asupan air putih di dalam tubuh, juga akan memengaruhi kinerja otak dan kurangnya oksigen.

Oleh karena itu, kalian perlu untuk selalu memastikan minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

  • Meditasi

Menjaga keseimbangan beban pikiran adalah hal yang sangat penting yang dapat kalian lakukan sebagai langkah untuk menghindari stress. Kalian dapat melakukan sesi meditasi dan membersihkan pikiran serta meningkatkan konsentrasi berpikir.

Melakukan meditasi selama 15 menit akan membantu pikiran kalian kembali jernih karena hal tersebut setara dengan melakukan istirahat selama 1 jam. Di saat kalian mengalami stress, kalian dapat melakukan meditasi singkat selama beberapa menit. Hal ini akan cukup membantu dalam mengatasi stress yang dialami.

Meditasi juga akan membantu kalian untuk selalu berpikir bebas dan lepas, sehingga kalian dapat meninggalkan sejenak segala keluh kesah dan tekanan di dalam pekerjaan yang seringkali membuat kalian stress.

  • Hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi

Pada kebanyakan orang, stress akan menyebabkan mereka menjadi sedikit kalap dan tidak terkontrol ketika makan. Hal tersebut, cenderung dilakukan sebagai bentuk pelampiasan atas stress yang dirasakan.

Namun, sangat penting untuk kalian cermati bahwa megkonsumsi banyak makanan yang mengandung karbohidrat tinggi akan cenderung meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Hal ini dapat membuat mood memburuk dan tubuh kalian cepat lelah. Oleh karena itu, tetap menjaga pola makan kalian yaa!

  • Tidur serta istirahat yang cukup

Akan sangat sulit bagi kita untuk mengendalikan stress, saat sedang kelelahan. Kita bisa saja mengalami serangkaian hari yang buruk bila kita tidak melakukan istirahat yang cukup. Kurang tidur juga akan membuat kita sulit untuk berkonsentrasi dan sangat mudah marah karena sulit mengontrol emosi.

Meski terdengar sangat sepele dan tidak begitu penting, namun kurang tidur dapat mengakibatkan banyak masalah fatal di dalam hari kita. Oleh karena itu, hindari mengendarai kendaraan bermotor dan usahakan untuk memenuhi jam tidur harian selama 7 jam setiap malam. Agar kalian dapat bekerja dengan baik esok harinya.

  • Selalu berpikir positif

Semua orang pasti pernah mencapai titik di mana tingkat kejenuhan berubah menjadi tekanan atau stress. Dengan mengikuti empat cara di atas diharapkan dapat membantu kalian dalam menghadapinya dan kembali ke kondisi semula. Jangan lupa juga untuk tetap berpikir positif dan percaya bahwa setiap masalah pasti memiliki jalan keluar. Dengan begitu, kalian dapat menghadapi semua masalah bukan sebagai tekanan melainkan sebagai sebuah tantangan.

Sumber: cermati.com

Reporter: Muhammad Faisal Barakuan | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana