Hai Sahabat deCODE! Kalian yang suka dengan musik klasik pastinya tertarik bukan untuk menyaksikan langsung konser orkestranya? Kami punya info menarik nih buat Sahabat deCODE karena ada orkestra yang rutin mengadakan konser setiap bulannya di Jakarta. Namanya adalah Jakarta Simfonia Orchestra.

Jakarta Simfonia Orchestra oleh Dr. Stephen Tong, seorang pendeta, komposer, konduktor, seniman, dan arsitek. Beliau menginisiasi pembangunan Aula Simfonia Jakarta sebagai rumah bagi Jakarta Simfonia Orkestra yang didedikasikan untuk Tuhan dan pencinta musik klasik di Indonesia.

Lebih dari 200 pertunjukan telah dilaksanakan di Aula Simfonia Jakarta sejak berdirinya di tahun 2009. Balai konser ini dirancang oleh Stephen Tong sebagai arsiteknya dan berkapasitas hampir 1.200 orang dengan dua tingkat. Dengan arsitekturnya yang indah dan elegan, Aula Simfonia Jakarta menjadi balai konser klasik pertama di Indonesia dengan standar internasional.

Selain arsitektur mewahnya yang didominasi dengan kayu, setiap bangku di Aula Simfonia Jakarta memiliki pemandangan yang jelas dan suara yang jernih dari panggung. Hal menarik lainnya ada pada organ pipanya yang merupakan organ pipa terbesar di Indonesia. Organ pipa di Aula Simfonia Jakarta dibangun pada tahun 1962 oleh Cassavant Frères, sebuah produsen organ pipa asal Kanada sejak abad ke-19.

Jakarta Simfonia Orchestra rutin mengadakan konsernya setiap bulan dengan empat seri berbeda berdasarkan karakteristik konsepnya. Keempat seri tersebut antara lain Masterwork series, Chamber Music series, Choral series, dan Educational series. Beberapa cuplikan konser terdahulunya bisa Sahabat deCODE saksikan di kanal YouTube Jakarta Simfonia Orchestra dan juga Aula Simfonia Jakarta.

Sumber: jakartasimfonia.com

Konsernya untuk bulan April tahun 2022 ini bertajuk Easter Concert 2022 yang berkolaborasi dengan Jakarta Oratorio Society. Konsernya kali ini membawakan “Symphony No. 4 ‘Italian’” milik Mendelssohn dan “Messiah Part 2” milik Handel. Easter Concer 2020 akan diselenggarakan pada Sabtu, 16 April 2022 dengan empat kategori tiket mulai dari Rp150.000 untuk pelajar hingga Rp1.000.000.

Sahabat deCODE tertarik menonton orkestra di balai konser kelas dunia? Jika iya, kalian bisa tunggu info konser setiap bulannya di akun Instagram @jakartasimfoniaorchestra dan @aulasimfoniajakarta. Jangan sampai kehabisan tikernya, ya!

Penulis: Ferdy Arrahman Editor: Faqih Erbara