Halo sahabat deCODE, selamat menunaikan ibadah puasa ya! Tak terasa kita sudah memasuki minggu pertengahan puasa nih. Pasti banyak sekali godaan dan hawa nafsu ketika berpuasa, terlebih ketika di siang hari ketika sedang terik – teriknya. Namun, ternyata umat muslim di Kanada, waktu berpuasanya jauh lebih lama lho daripada di Indonesia.

Jika umat muslim di Indonesia berpuasa memakan waktu 13 jam sehari, lain cerita dengan umat muslim di Kanada yang berpuasa hingga 20 jam lamanya. Walaupun Kanada adalah negara Eropa, tetapi ternyata Kanada memiliki populasi umat muslim yang cukup banyak lho sahabat deCODE.

Umat muslim di Toronto, Kanada, menjalani puasa sekitar 16 jam sehari, tetapi angka itu bukan angka terlama, karena umat muslim di Kota Edmonton, Kanada Utara, harus menjalani puasa sampai 19 jam lamanya. Bahkan di hari-hari terakhir menjelang Idul Fitri, umat muslim di Kota Edmonton berpuasa selama 20 jam sehari. Wah! Kita sebagai umat muslim di Indonesia harus bersyukur ya sahabat deCODE, karena ternyata di negara lain, mereka berpuasa hampir 24 jam.

Tentu banyak tantangan yang harus dihadapi umat muslim di Kanada ketika memasuki bulan Ramadan ini. Berpuasa yang memakan waktu 20 jam, umat muslim di Kanada, khususnya Kanada Utara tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur dan beristirahat. Selain itu, mereka juga harus menahan haus dan lapar dengan waktu yang sangat panjang.

Dibalik lamanya berpuasa hingga 20 jam sehari, ada nilai-nilai positif yang dapat kita ambil, yaitu menjadi ladang pahala yang luar biasa, karena bukan hanya sekedar tentang berpuasa. Namun, tentang menahan hawa nafsu, serta menjalani hari dengan penuh keikhlasan dan kesabaran agar mendapatkan keberkahan.

Untuk sebagian umat muslim di Kanada, mereka berpuasa mengikuti durasi yang lebih pendek. Contohnya, umat muslim di Kota White Horse, menjalani puasa selama kurang lebih 19 ja, tetapi ada juga umat muslim di Kota White Horse  yang mengikuti waktu berpuasa di Kota Vancouver dengan rentang waktu yang lebih pendek. Hal itu dilakukan karena mereka percaya, bahwa dalam Islam tidak ada yang terlalu kaku, selama prinsip-prinsip dasar telah dipenuhi.

Nah itu dia penjelasan tentang berpuasa 20 jam sehari di Kanada. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu sahabat deCODE ya! See You at another Ramadhan

Penulis: Najmahira Fansa Izdihar Editor: Wifda Mufti Karima