deCODE

3 Kebiasaan Buruk yang Harus Diubah!

Haloo sahabat deCODE, apakabar? Semoga dimanapun kalian selalu diberikan kesehatan yaa.

Kali ini deCODE mau bahas beberapa kebiasaan buruk yang ternyata sering banget kita lakuin dan kita anggap sepele, padahal bisa berdampak jangka panjang terhadap kesehatan. Penasaran? Yuk simak dibawah ini.

1. Kurang Minum Air Putih

Rasanya tiada hari tanpa minum kopi atau minuman manis. Beberapa tahun terakhir bisnis minuman lagi hype banget apalagi dikalangan anak muda, hal tersebut ternyata ngebuat beberapa orang jadi lupa atau kurang menjaga cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup.

Air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dilansir dari Halodoc.com, air putih dibutuhkan untuk menjaga tingkat hidrasi sebagai bahan bakar sel dan menjaga fungsi otak serta bagian tubuh lainnya. Selain itu, kurangnya minum air juga meningkatkan risiko kerusakan ginjal hingga memicu kanker kandung kemih.

2. Pola Makan yang Tidak Teratur

Kita pasti pernah mengalami hari-hari yang padat dan sibuk, yang mana terkadang ngebuat kita lupa untuk sekedar makan. Atau bahkan ketika libur pun merasa ingin menghabiskan waktu bermain game seharian dan akhirnya malah mengabaikan jam makan. Situasi ini, jika terus berlanjut ternyata bisa berdampak buruk untuk tubuh kita.

Dikutip dari Merdeka.com, pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan risiko kesehatan seperti diabetes tipe 2, tekananan darah tinggi dan obesitas yang lebih tinggi berdasarkan penelitian terbaru. Selain itu juga menyebabkan kurangnya energi juga fokus pada diri kita.

3. Terlalu Sering Begadang

Dalam beberapa kesempatan, mungkin kita harus begadang karena alasan pekerjaan atau kebiasaan buruk lain seperti maraton film, serial drama, atau biasanya sekedar bercengkerama dengan teman melalui telepon. Kondisi tersebut membuat kita menjadi kurang tidur.

Normalnya seseorang mempunyai waktu tidur selama 7-8 jam per hari. Jika kita terlalu sering begadang otomatis jam tidur pun berkurang. Hal ini jika dilakukan secara terus menerus akan mengundang berbagai macam penyakit. Efek begadang yang buruk bagi kesehatan akan berpengaruh pada kondisi emosi, psikologis dan bisa meningkatkan risiko seperti penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung.  

Itu dia berbagai kebiasaan yang mungkin kita lakukan dan tanpa sadar ternyata bisa berdampak buruk bukan hanya bagi kesehatan, melainkan produktivitas juga. yuk pelan-pelan kita ubah kebiasaan buruk tersebut dengan menerapkan pola hidup yang lebih teratur.

Penulis: Nadila Natasya Editor: Khaerunnisa Alfitri

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *