deCODE

“An Abundance of Katherine” Karya John Green

Halo sahabat deCODE! Kalian pasti tahu penulis bernama John Green, ia adalah penulis dibalik film adaptasi “The Fault In Our Stars”. Penulis novel fiksi bergenre romantis ini berasal dari Amerika yang lahir pada tanggal 24 Agustus 1977 di Indianapolis.

John Green sudah menulis sebanyak enam buku dan buku keduanya berjudul “An Abundance of Katherine” yang rilis pada tahun 2006 dan menjadi finalist Los Angeles Times Book Prize.

Novel “An Abundance of Katherine” merupakan novel yang unik karena melibatkan rumus matematika dalam kisah percintaan sang tokoh utama. Novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga. Dalam novel ini juga menggunakan jokes khas John Green dan kalimat-kalimat sarkasmenya.

Colin, si tokoh utama merupakan siswa SMA yang memiliki sesuatu kebiasaan yang aneh, yaitu ia memiliki sembilan belas mantan kekasih selama hidupnya dan semua bernama Katherine.

Tapi sayangnya sembilan belas mantan kekasihnya itu mencampakkannya, hingga ia membuat teori The Theorym of Underlying Katherine Predictabilty, untuk bisa memprediksi kisah cintanya pada semua Katherine.

Teori tersebut menggabungkan grafik dan ilmu matematika dalam novel ini sehingga membuat novel ini sangat menarik bagi yang menyukai genre romantis dan matematika.

Karena sakit hatinya pada Katherine XIX, sahabat Colin, Hassan mengajaknya untuk berlibur ke Tennessee dan tinggal disana secara tidak direncanakan di Gutshot. Disanalah ia bertemu Lindsey, si gadis yang digambarkan sebagai perempuan yang menjadi dirinya sendiri ketika bersama Colin dan Hassan.

Alur cerita yang digunakan cukup lambat dan maju mundur, sehingga menceritakan semua kisah Colin dari awal bertemu dengan Katherine pertama, kebiasaan dirinya, dan lain-lain. Penggunaan bahasa yang cukup ringan sehingga mudah dimengerti terutama kalangan remaja, serta terdapat banyak footnote seperti terjemahan bahasa Jerman.

Apakah kalian tertarik untuk membacanya sahabat deCODE? Jangan lupa untuk membelinya di tempat legal ya untuk mendukung para penulis!.

Penulis: Nisriina Nurhaliza Editor: Novi Nurlela

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *