deCODE

Tips Hadapi Fenomena Panas Terik pada Siang Hari

Sejak akhir April hingga pertengahan Mei kondisi udara di sejumlah wilayah Indonesia telah mencapai suhu sebesar 36°C. Hal tersebut menyebabkan suhu udara terasa lebih panas dari siang hingga malam hari. Apakah sahabat deCODE merasakan hal demikian?

Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG menjelaskan bahwa, fenomena panas terik yang terjadi disebabkan oleh posisi semu matahari berada di wilayah utara ekuator yang menjadi tanda bahwa sebagian wilayah Indonesia akan memasuki musim kemarau. Hal itu mengakibatkan meningkatnya pertumbuhan awan dan intensitas hujan akan sangat berkurang sehingga cuaca cerah akan mendominasi.

Fenomena panas terik saat ini wajib diwaspadai karena akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Beberapa penyakit bisa menyerang tubuh manusia akibat dari kondisi udara tersebut, seperti: dehidrasi, masalah pernapasan, iritasi kulit hingga diare. Oleh karena itu, masyarakat dianjurkan untuk menjaga kondisi stamina dan kebutuhan cairan tubuh yang cukup.

Dalam upaya menjaga kondisi dan pemenuhan cairan tubuh yang cukup, berikut tips dalam menghadapi fenomena panas terik pada siang hari.

1. Memperbanyak konsumsi air mineral untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Untuk orang dewasa sangat dianjurkan untuk minum delapan gelas air mineral atau 2 liter total per harinya.

2. Memperbanyak makan buah dan sayur dalam memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Beberapa buah dan sayur yang dapat membantu memenuhi cairan tubuh antara lain: semangka, jeruk, mentimun, selada air, dan tomat.

3. Hindari paparan sinar matahari secara langsung karena dapat memicu resiko kerusakan pada kulit. Apabila terpaksa harus beraktivitas di luar, disarankan untuk menggunakan sunscreen dalam upaya melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

4. Menggunakan pakaian yang tipis dan berwarna terang dapat membantu agar tidak menyerap panas.

5. Hindari makanan tinggi protein yang dapat meningkatkan panas dalam tubuh, seperti: jahe, lada hitam, dan makanan-makanan pedas.

6. Istirahat yang cukup setelah beraktivitas untuk menjaga kondisi stamina tubuh.

Nah itulah tips yang bisa sahabat deCODE terapkan ketika menghadapi suhu panas terik yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Yuk, jaga kesehatan.

Penulis: Muhammad Faqih Erbara Editor: Wifda Mufti Karima

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *