deCODE

Style JAS

Tips Tampil Formal dengan Jas

Hai sahabat deCODE! Setiap kamu ingin datang ke acara formal pastinya penampilan jadi hal yang penting banget untuk diperhatikan.khususnya untuk kaum Adam yang biasanya hanya tampil dengan batik atau kemeja saja, kamu harus juga harus coba untuk tampil dengan jas. Selain penampilan menjadi elegan, memakai jas juga bisa membuat aura kamu terpancarkan lebih berwibawa. Buat kamu yang mau coba tampil memakai jas, ada tips nih yang bisa kamu ikutin. Yuk, simak tips-tips di bawah ini!

1. Pakai ukuran yang pas

Sumber foto: careerinfodaily.com

Ketika kamu ingin membeli jas, pastikan bahwa ukurannya pas di badan. Cara mengetahui bahwa ukurannya sudah tepat adalah pastikan lebar bahunya sesuai, ujung lengan kemejanya sedikit terlihat, tidak ada celah antara kerah jas dengan kemeja, dan tanganmu dapat dengan nyaman meraih saku dalam saat jas terkancing. Untuk celana, kamu cukup pastikan kalau panjangnya tepat dengan ujung celana sedikit menyentuh sepatu dan tidak terlihat sempit ataupun longgar agar tetap nyaman ketika duduk.

Selain itu, tinggalkan kancing terbawah jas kamu untuk selalu terbuka . Saat duduk, bukalah kancing jas agar bentuknya tetap terjaga. Jika kamu ingin memakai dasi, pastikan kamu mengancingkan kemeja hingga yang paling atas agar dasimu tidak berantakan.

2. Pilih warna dan motif kemeja yang sesuai

Sumber foto: woolcottst.com.au

Dengan banyaknya pilihan warna, mungkin sahabat deCODE menganggap akan sulit untuk mix and match jas dengan kemeja. Jangan khawatir, memilih jas dengan warna gelap seperti hitam, abu-abu, biru, dan coklat akan selalu aman dengan kemeja berwarna terang seperti putih dan warna yang senada. Jika ingin memakai dasi, pilihlah dasi dengan warna yang kontras dari kemeja agar terlihat menonjol. Hindari memakai terlalu banyak motif dalam penampilanmu. Batasi dengan maksimal memakai dua motif berbeda antara jas, kemeja, dan dasi agar penampilanmu tidak terlalu ramai.

3. Cocokkan dengan warna sepatu dan ikat pinggang

Sumber foto: westacresblog.com

Untuk pemilihan warna sepatu tampaknya tidak terlalu sulit karena secara umum hanya ada tiga warna sepatu kulit, yaitu hitam, coklat, dan merah anggur. Sepatu hitam dapat dipakai bersama jas berwarna hitam, abu-abu, dan biru. Sedangkan, sepatu coklat dapat dipakai bersama jas berwarna biru, abu-abu terang, dan coklat. Sepatu merah anggur dapat dipakai bersama jas berwarna biru, abu-abu, dan coklat. Samakan warna ikat pinggang dengan sepatu dan pakailah kaus kaki berwarna gelap yang menutupi kulit kakimu. Jika ingin menggunakan suspender, maka jangan memakainya bersama ikat pinggang.

4. Gunakan aksesoris sebagai pelengkap

Sumber foto: pinterest.com

Agar penampilanmu semakin lengkap, kamu bisa menambahkan sedikit aksesoris agar tampil lebih sempurna. Sahabat deCODE bisa meletakkan sapu tangan di saku dada kiri sebagai dekorasi. Memakai cufflinks dan penjepit dasi juga bisa kamu coba tanpa agar lebih terlihat mewah, tetapi pastikan penjepitnya tidak lebih panjang dari lebar dasimu. Terakhir, pakailah jam tangan yang formal agar telihat lebih stylish.

Itulah tips-tips yang bisa sahabat deCODE coba jika kamu ingin tampil formal dengan jas. Secara keseluruhan, penampilan yang harus kamu tampilkan dengan jas adalah simpel dan elegan. Hal ini karena ketika kamu tampil dengan jas, less is more.

Baca juga : SEA Games, Ajang Kompetisi Kecurangan

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Ferdy+Arrahman”]Penulis: Ferdy Arrahman[/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Bintang+Bellatrix”]Editor: Bintang Bellatrix[/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *