Halo sahabat deCODE! Siapa nih disini yang pencinta bola, terutama Tim Nasional Indonesia? Nah, sahabat deCODE yang pecinta bola pasti tahu dong siapa itu Bambang Pamungkas? Bambang Pamungkas merupakan salah satu pemain sepak bola Tim Nasional Indonesia. Sahabat deCODE perlu tahu nih film baru yang tayang di bioskop pada tanggal 31 Maret 2022 dengan judul “Rio The Survivor”. Dalam film ini tidak hanya memunculkan sosok Bambang Pamungkas, namun film ini pun mengangkat kisah anak yatim piatu yang mengidap HIV dan AIDS sejak kecil.

Sahabat deCODE penasaran bagaimana kisahnya? Yuk, simak sinopsis singkat ceritanya dibawah ini!

Disuatu perkampungan yang terletak di daerah Yogyakarta, tinggalah seorang anak bernama Rio yang hidup bersama dengan neneknya. Kedua orangtuanya telah tiada dikarenakan mengidap penyakit AIDS. Hal itu pula yang membuat Rio harus terus mengkonsumsi obat ARV demi menjaga asa keberlangsungan hidupnya.

Sebagai seorang anak laki-laki, ia begitu gemar dengan olahraga futsal dan ia pun aktif mengikuti turnamen futsal dan mewakili sekolahnya diberbagai kejuaraan. Semua berubah ketika pada suatu saat sang nenek menceritakan penyakit yang dialami cucunya tersebut kepada wali murid lain yang sontak membuat mereka langsung bergegas untuk mencegah anak-anak nya bercengkrama dengan Rio karena khawatir akan tertular virus yang mematikan tersebut.

Sejak saat itu, hidup Rio benar-benar berubah. Semua orang mengasingkan nya dan selalu berusaha menjauh dari nya setiap kali mereka bertemu dengan anak itu. Hingga pada akhirnya Rio dipindahkan dari sekolahnya ke sekolah baru yang berbasis agama.

Namun nahas, disekolah baru tersebut rekam jejak Rio sebagai seorang anak penderita HIV kembali terbongkar dan membuat nya kembali di kucilkan oleh guru maupun teman-teman sebayanya.

Sahabat-sahabat Rio di sekolah lama nya merasa iba dengan kondisi yang diderita Rio. Mereka mencoba untuk menggali informasi pasti mengenai penyakit yang diderita sahabat mereka tersebut. Hingga pada akhirnya sampailah mereka pada satu kesimpulan penyakit AIDS tidak memiliki kemampuan menular yang tinggi seperti yang ditakutkan oleh orang tua mereka. Setelah itu akhirnya mereka mencoba untuk kembali menemui Rio untuk sekedar memberikan dukungan dan mencari cara agar orang-orang tak lagi mengucilkan nya.

Akhirnya sahabat Rio mulai memberikan pemahaman kepada orang tua nya masing-masing mengenai fakta sebenarnya seputar penyakit AIDS yang diderita Rio. Mendengar penjelasan dari anaknya, Orang tua mereka pun mulai merasa bersalah dan iba atas apa yang telah menimpa Rio. Merekapun berinisiatif untuk menghubungi Bambang Pamungkas, salah seorang legenda hidup sepakbola Indonesia yang menjadi idola dari Rio.

Singkat cerita, Bambang pun mengirimkan Rio sepatu futsal ternama dan sekaligus memberikan Rio Jersey untuk digunakan tim sekolahnya di ajang turnamen. Tak hanya sampai disitu, Rio pun juga ditawarkan untuk bersekolah kembali di sekolah lama nya, tempat ia dan sahabatnya bersekolah. Hidup Rio berangsur-angsur membaik, dan ia tetap terus tekun berlatih futsal dan juga pantomim sebagai hobi keduanya.

Itu dia sinopsis singkat mengenai film Rio The Survivor. Sahabat deCODE penasaran? Yuk, langsung aja download film Rio The Survivor! Selain menarik karena menampilkan Bambang Pamungkas, film ini pun banyak memberikan pesan moral bagi kita untuk selalu membuka mata terhadap lingkungan sekitar kita, terutama bagi pengidap HIV dan AIDS.

Baca Juga : Janji Setia, Lagu Baru Tiara Andini yang Trending

Penulis: Novi Nurlela Editor: Nisrina Nurhaliza