Salah satu buah yang memiliki aroma yang khas yaitu durian. Buah yang umumnya memiliki ukuran sebesar kepala manusia dan berduri ini sangat populer di wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, durian termasuk buah yang digemari karena memiliki rasa dan aroma yang khas. Selain itu, buah durian juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang tidak kalah nikmat, seperti es krim durian, pancake durian, kolak durian, dan sebagainya.

Namun, tidak sedikit pula orang yang tidak suka dengan rasa maupun aroma durian itu sendiri. Rasa mual kerap muncul bagi mereka yang tidak menyukai buah ini meskipun baru mencium aromanya saja. Selain memiliki aroma dan rasa yang khas, durian merupakan buah yang mengandung kalori tinggi dan kalium. Kedua nutrisi tersebut penting bagi tubuh sehingga durian disebut sebagai “Si Raja Buah”.

Ada manfaat lain bagi tubuh ketika kita mengonsumsi durian. Sahabat deCODE ingin tahu bukan? Berikut penjelasannya.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Durian memiliki kadar serat yang tinggi untuk membantu melancarkan pergerakan usus. Dengan begitu, buah ini bisa dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi sembelit.
  2. Menunjang Kesehatan Jantung
    Kandungan serat pada durian dapat menunjang kesehatan jantung karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) berkat kandungan serat di dalamnya.
  3. Memperkuat Tulang dan Sendi
    Apakah sahabat deCODE tahu kalau buah durian kaya akan kalsium, kalium, dan magnesium? Ketiga mineral tersebut terkandung pada buah ini yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang, meningkatkan fleksibilitas sendi, dan memperbaiki kekuatan serat kolagen.
  4. Meningkatkan Kualitas Sperma
    Manfaat lain yang didapatkan dari buah durian adalah dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria. Penelitian menyebutkan bahwa buah durian mampu meningkatkan kualitas dan pergerakan sperma.
  5. Mengatasi Insomnia
    Siapa sangka ternyata durian bisa mengatasi gangguan sulit tidur karena memiliki senyawa triptofan yang memberikan efek mengantuk (sedasi). Bagi sahabat deCODE yang sering mengalami insomnia bisa dicoba nih dengan mengkonsumsi buah durian.

Itulah beberapa manfaat durian untuk kesehatan. Sahabat deCODE tertarik untuk mencoba?

Penulis: Muhammad Faqih Erbara Editor: Novi Nurlela