Pada hari Sabtu (11/06/2022), Direktorat Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru menggelar Open House bersama alumni bertajuk “Back Home: Kemanapun Kamu Pergi Pastikan ke UAI Hatimu Kembali” di Auditorium Arifin Panigoro, Universitas Al Azhar Indonesia. Acara ini digelar untuk mengenalkan program magister yang terdpat di UAI yaitu S-2 Ilmu Hukum dan juga S-2 Ilmu Komunikasi yang baru saja dibuka tahun ini.

Acara dibuka dengan sambutan dan laporan kegiatan oleh Andri Hadiansyah, M.Psi., Psi. selaku Direktur Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru. Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. sekaligus memberi persembahan lagu “Andaikan Kau Datang Kembali”.

Sumber foto: Reporter deCODE

Setelah itu, open house memasuki acara inti yaitu sharing session yang dimulai dari pengenalan Program Magister Ilmu Komunikasi yang dibawakan oleh Dr. Manik Sunuantari, M.Si. selaku Ketua Prodi S-2 Ilmu Komunikasi. Program magister UAI ini memiliki dua peminatan yaitu Corporate Communication dan Marketing Communication dengan masa studi yang direncanakan selesai dalam 3 semester. Pembelajaran yang dilaksanakan pada hari Jumat sore dan Sabtu dengan metode hybrid learning sehingga memungkinkan calon mahasiswa untuk kuliah sambil bekerja tanpa harus berada di kampus. Selain itu, program magister ini memiliki 6 tenaga pengajar bergelar S-3 dan bekerja sama dengan univesitas luar negeri yaitu UiTM di Malaysia dan Asia University di Taiwan untuk mengajar beberapa mata kuliah.

Sumber foto: Reporter deCODE

Sharing session dilanjutkan dengan pengenalan Program Magister Ilmu Hukum yang dibawakan oleh Dr. Fokky Fuad, S.H., M.Hum. selaku Ketua Prodi S-2 Ilmu Hukum. Program dengan akreditasi B ini telah berdiri sejak 2014 dan telah meluluskan 92 mahasiswa. Kurikulum berfokus pada kebutuhan kota industri yaitu kajian hukum bisnis, ekonomi, dan perusahaan dengan konsep pembentukan etika islami yang menjadikannya berbeda dengan magister hukum di universitas lain. Seperti program Magister Ilmu Komunikasi, masa studi di program ini juga dirancang untuk selesai dalam 3 semester. Ke depannya, Fakultas Hukum UAI akan membuka program S-3 Ilmu Hukum yang saat ini masih diproses oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

Sumber foto: Reporter deCODE

Selanjutnya, sharing session dilanjutkan oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni UAI yang dibawakan oleh Dr. Iin Suryaningsih, S.S., M.A. selaku Direktur Kemahasiswaan dan Alumni. Sesi ini menyambut para alumni yang hadir dan juga mengenalkan program Praktisi Mengajar, program kolaborasi mengajar yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek.

Sumber foto: Reporter deCODE

Sharing session diakhiri oleh Biro Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru yang dibawakan oleh Anisa Kusumawati, S.Sos. dan Nurul Azizah, S.Pd. yang juga merupakan alumni UAI. Sesi ini menginformasikan dua program pada penerimaan mahasiswa baru, yaitu program Member Get Member, reward untuk mengajak calon mahasiswa mendaftar, dan program Corporate Rate, penawaran biaya kuliah untuk korporat. Baik program S-2 Ilmu Komunikasi maupun S-2 Ilmu Hukum, keduanya memiliki penawaran menarik untuk para alumni UAI.

Tunggu apalagi? Yuk, buruan daftar program magister di UAI melalui www.penerimaan.uai.ac.id.

Penulis: Ferdy Arrahman Editor: Wifda Mufti Karima