Banyak sekali orang-orang yang sangat gemar menikmati kopi bahkan menjadi pecinta kopi. Mereka rela jauh-jauh ke coffee shop favorit hanya untuk meikmati secangkir kopi, atau sekedar melipir sejenak menghilangkan penat dengan menikmati secangkir kopi. Akan tetapi keganasan macetnya Jakarta sangat menyita waktu banget, kan, guys? Atau ketika weekend pas banget tanggal tua? Mengapa tidak mencoba untuk menyeduh kopi sendiri? Mungkin yang terlintas dalam pikiran kalian tidak lain tidak bukan adalah malas. Namun ada hal-hal yang menarik lho ketika kalian menyeduh kopi sendiri di rumah, ini dia ulasannya, guys.

1. Kopi yang diseduh sendiri akan lebih nikmat

Apakah pernah terlintas dalam pikiran kalian bahwa kopi yang kalian seduh sendiri dengan barista di kedai kopi berbeda? Ya, terkadang perbedaan itu berdasar pada metode dan proses penyeduhan setiap orang. Tidak ada yang lebih tahu tentang dirimu selain dirimu sendiri. Hal itu berlaku juga untuk kopi. Tak ada yang lebih paham selera ngopimu selain dirimu sendiri.

Nah, biasanya kamu jauh merasa lebih puas menyeduh kopi sendiri ketimbang ngopi di tempat lain. Hal ini seharusnya menjadi alasan kuat, agar kamu tak lagi malas menyeduh untuk diri sendiri. Karena percayalah, hanya kamu barista terbaik, setidaknya untuk dirimu sendiri. Jadi, jangan pernah malas untuk seduh kopi ya.

2. Meningkakan kemahiran menyeduh

Ada yang pernah bilang “practice makes perfect”, maka itulah yang juga berlaku pada rutinitas seduh kalian di rumah. Semakin sering kamu menyeduh kopi, maka akan semakin sempurnalah kenikmatan kopi yang kamu hasilkan. Jika kamu malas menyeduh dan sering ‘berselingkuh’ dengan kopi instan, mau sampai kapan mahirnya di dunia kopi? Bakar semangat hingga penuh dan singkirkan rasa malas jauh-jauh. Bangunlah lebih pagi dan siapkan segala yang kamu butuhkan untuk menyeduh. Bermain-mainlah dengan suhu air, rasio air, kopi dan lain-lain. Temukan kejutan bereksperimen saat menyeduh kopi.

3. Seduh sendiri lebih hemat

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, jika menyeduh kopi sendiri akan jauh lebih hemat dibanding ngopi di coffee shop. Kamu sudah memiliki alat seduh manual macam-macam jenisnya. Jika secangkir kopi di coffee shop kira-kira 30 ribuan harganya, maka dengan single origin tertentu kemasan 200 gram seharga 60 ribuan sudah bisa dipakai ngopi berhari-hari. Seduhlah kopi sendiri dan rasakan hemat dan ekonomisnya jika dibandingkan ngopi di luar sana.

Jadi, gimana, guys? Masih malas menyeduh kopi sendiri? Semoga bisa membangkitkan semangat kalian untuk menyeduh kopi sendiri ya guys.

Sumber: ottencoffee.co.id

Reporter: Muhammad Faisal Barakuan | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana