Penyakit asam lambung sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda. Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Salah satunya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak baik sehingga menjadi pemicu asam lambung naik yang mengakibatkan rasa tidak nyaman pada area bawah dada dan bagian atas perut.

Gaya hidup seperti apa yang dimaksud di atas? Berikut penjelasannya.

Semakin banyaknya kegiatan yang dilakukan, tubuh membutuhkan banyak energi yang dikeluarkan. Oleh karena itu, terkadang tubuh tidak terkontrol dengan baik, seperti: telat makan, tidur larut malam, jarang olahraga, dan kurang minum air putih. Itulah gaya hidup yang tidak baik sehingga menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. Berikut gambaran lambung saat asam lambung naik.

Sumber Gambar: alodokter.com

Ciri-Ciri Terjadinya Kenaikan Asam Lambung

  1. Sering Sendawa, Terutama Setelah Makan
  2. Perut Kembung
  3. Mudah Kenyang
  4. Mual
  5. Muntah
  6. Batuk
  7. Sakit Tenggorokan
  8. Nyeri Dada
  9. Rasa Asam atau Pahit di Mulut
  10. Cegukan Terus-Menerus

Beberapa ciri-ciri di atas mungkin sering dirasakan, tetapi kebanyakan orang hanya mengira masuk angin atau kecapean. Namun, perlu diketahui bahwa ciri-ciri di atas bisa jadi akibat naiknya asam lambung. Penyakit asam lambung memanglah tidak berbahaya, tetapi tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Segera hubungi dokter, jika merasakan ciri-ciri tersebut.

Bagaimana Cara Menghindarinya?

  1. Mengubah Gaya Hidup
  2. Makan Tiga Kali Sehari
  3. Rutin Olahraga
  4. Penuhi Cairan Tubuh
  5. Hindari Stres

Mengubah gaya hidup memanglah sulit apabila sudah menjadi kebiasaan. Namun, gaya hidup lah yang sangat memengaruhi kesehatan tubuh. Jika tubuh sakit, maka apapun aktivitas yang dilakukan rasanya tidak nyaman. Seperti kata pepatah “kalau bukan sekarang, kapan lagi?” dan “kalau bukan kita, siapa lagi?”. Yuk mulai saat ini perbaiki gaya hidupmu agar memiliki tubuh yang sehat dan kuat sehingga sebanyak apapun kegiatannya tubuh tetap fit.

Baca Juga : “Aminlah Bersamaku”, Single Baru dari Rizky Febian

Penulis: Wifda Mufti Karima Editor: Nisriina Nurhaliza [/tw-button