deCODE

2 Tahun Rehat, Jak-Japan Matsuri 2022 Kembali Digelar

Jak-Japan Matsuri merupakan acara persahabatan Indonesia dan Jepang kembali hadir setelah rehat dua tahun. Tahun ini, Jak-Japan Matsuri 2022 menjadi penyelenggaraannya yang ke-12 sejak 2009. Acara ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal 14—16 Oktober 2022 di fX Sudirman secara gratis. Jak-Japan Matsuri 2022 diselenggarakan oleh Yayasan Jabat Hati Indonesia Jepang dan didukung oleh Pemprov DKI Jakarta, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, fX Sudirman, dan The Jakarta Japan Club.

Penyelenggaraan Jak-Japan Matsuri tahun ini memiliki beberapa pembaruan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara outdoor, kali ini Jak-Japan Matsuri dilaksanakan secara indoor dan hybrid. Acara di hari kedua menyajikan berbagai penampilan di JKT48 yang juga disiarkan langsung di kanal YouTube Jakarta Japan Matsuri.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jak-Japan Matsuri 2022 menawarkan berbagai booth, penampilan kebudayaan Jepang, dan penampilan dari bintang tamu baik dari Indonesia maupun Jepang. Beberapa kebudayaan Jepang yang ditampilkan adalah yosakoi, reading drama, perkenalan upacara pernikahan Jepang, mikoshi, taiko, dan wadaiko. Selain itu, acara ini juga menyajikan penampilan lain seperti musik, idol group, orkestra, balet, fashion show, talkshow, tari, kabaret, dan lainnya. Bintang utama yang tampil pada Jak-Japan Matsuri tahun ini adalah JKT48, Hiroaki kato, dan Hanin Dhiya. Selain itu, ada berbagai bintang tamu lainnya yang juga dihadirkan secara virtual dari Jepang.

Walaupun acaranya telah vakum selama dua tahun terakhir, Jak-Japan Matsuri tetap memiliki pengunjung setia yang telah menunggu-nunggu kembalinya acara ini. Terbukti pada hari terakhir, pihak fX Sudirman hingga harus membatasi pengunjung dengan menerapkan sistem buka-tutup pada pintu masuk mal. Tampaknya, antusiasme pengunjung Jak-Japan Matsuri sangat tinggi sampai melebihi kapasitas tempat penyelenggaraannya. Antusiasme pengunjung juga terlihat dari banyaknya yang hadir dengan ber-cosplay karakter kesukaannya walaupun tidak ada kompetisi cosplay di acara ini.

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Ferdy+Arrahman”]Penulis: Ferdy Arrahman [/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Bintang+Bellatrix”]Editor: Bintang Bellatrix [/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *