Mengingat sekarang ini kita adalah seorang mahasiswa, pasti timbul rencana-rencana tentang apa saja yang akan kita lakukan setelah resmi lulus dari bangku perkuliahan. Apa rencana yang ingin kita lakukan setelah lulus? Melanjutkan kuliah hingga ke tingkat berikutnya, S2, kah? Atau bekerja kah? Atau mungkin santai-santai dulu sambil memikirkan bisnis-bisnis yang sekiranya ingin dibangun?

Meski banyak rencana yang sekiranya telah kita pikirkan, tidak bisa kita pungkiri kalau  bekerja adalah hal utama yang pasti kita pikirkan, betul? Nah, dalam artikel ini, deCODE ingin memberi tahu sedikit nih tentang hal-hal yang perlu kita perhatikan saat ingin mencari kerja. Yuk, disimak!

1. Aktif Mencari Kerja

“Aktif mencari kerja” ini mungkin terkesan klise, tapi, hal itulah menjadi salah satu dari hal-hal penting yang perlu kita perthatikan saat ingin mencari kerja. Aktif mencari kerja ini bisa dilakukan dengan cara bagaimanapun. Akan tetapi, bila melihat keadaan kita sekarang ini, dengan bantuan internet dan maju nya teknologi. Maka, alasan tidak mendapat info tentang lowongan pekerjaan tidak boleh keluar dari mulut kita. Mengapa?

Karena, semuanya bisa kita cek dengan mudah melalui internet, dan ini lah mengapa “aktif mencari kerja” sangat perlu diterapkan. Kita harus rajin serta aktif dalam mengecek lowongan-lowongan pekerjaan yang ada, bahkan harus bisa se-update mungkin, dan itu semua bisa kita dapatkan di internet atau di tempat lainnya. Intinya, aktif! Cari tahu dan update terus ya!

2. Perbanyak dan Perluas networking

Perbanyak dan perluas networking merupakan salah satu dari hal-hal yang perlu kita perhatikan saat ingin mencari kerja. Kenapa memeperbanyak dan memperluas networking sangat penting? karena terkadang, mau gimana pun, kita tidak bisa aktif 24/7 untuk update tentang lowongan pekerjaan-pekerjaan baru.

Jadi, dengan banyaknya dan luasnya networking ini, kita bisa dapat info-info lowongan pekerjaan dari orang lain yang kita kenal. Selain itu, kita juga bisa mencari pengalaman dari mereka.

Salah satu networking yang pas untuk seorang mahasiswa seperti kita ini sebenarnya ialah alumni-alumni lulusan dari kampus kita. Bertemanlah dengan mereka, berbincang dan bertukar pendapat yang banyak, belajar dari pengalaman yang mereka miliki.

Dengan berteman dengan alumni dan perbanyak networking, kita bisa belajar banyak, mungkin belajar tentang hal-hal yang harus dipersiapkan bila ingin bekerja, sikap-sikap saat bekerja, dan lain-lainnya. Selain itu pula, siapa tau kita bisa ditawarkan pekerjaan.

3. Persiapkan Diri dengan Latihan Sebelum Melakukan Wawancara

Tidak jarang seseorang tidak lolos pada tahap interview atau wawancara saat ingin melamar pekerjaan. Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya akan dipertanyakan pada saat interview. Hal tersebut dilakukan agar kita bisa terlihat siap, matang, dan pantas untuk diterima di pekerjaan tersebut. Maka dari itu, mempersiapkan diri sebelum melakukan wawancara, juga menjadi hal yang perlu kita perhatikan saat mencari pekerjaan.

Lalu bagaimana latihannya bila kita belum tahu pertanyaanya? Dilansir dari https://www.monster.com/career-advice/article/100-Potential-Interview-Questions, ada 100 pertanyaan yang sekiranya paling sering ditanyakan saat interview, 10 di antaranya ialah,

  1. Ceritakan tentang diri Anda
  2. Apa kelebihan Anda?
  3. Apa kelemahan Anda?
  4. Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?
  5. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?
  6. Apa yang Anda tahu tentang industri ini?
  7. Apa yang Anda tahu tentang perusahaan ini?
  8. Apa yang Anda bisa lakukan sedangkan calon pekerja lain tidak bisa lakukan?
  9. Apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan ini?
  10. Adakah pertanyaan untuk kami?

Itulah 10 dari 100 pertanyaan yang sekiranya sering dipertanyakan dalam sebuah interview. Bisa dibaca lebih detail dari link di atas ya. Dan persiapkan diri kita hingga matang bila ingin melamar kerja. Goodluck!

Reporter: Sasya Semitari P | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana