April 19, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Kopi Es Tak Kie : Mencicipi Kopi Authentic Di Chinatown-nya Jakarta

2 min read
Kopi Es Tak Kie : Mencicipi Kopi Authentic Di Chinatown-nya Jakarta

Foto: Muhammad Faisal Barakuan

Apabila kalian jalan-jalan keluar negeri, pasti kalian akan menemukan salah satu kawasan yang secara mayoritas dipenuhi oleh warga chinese, tempat itu adalah Chinatown. Chinatown atau pecinan merupakan sebuah wilayah yang mayoritas penghuninya adalah orang Tionghoa. Pecinan banyak terdapat di kota-kota besar di berbagai negara, di mana orang Tionghoa merantau dan kemudian menetap di kawasan tersebut. Negara-negara yang memiliki Chinatown ini meliputi Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, dan negara-negara lainnya. Chinatown di Singapura ini menjadi salah satu wilayah yang menarik bagi wisatawan. Mengapa menarik? karena adanya bangunan-bangunan serta kedai kopi authentic yang biasa disebut sebagai kopitiam. Kopitiam adalah bahasa Hok-kian/Tio-ciu yang kalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, artinya adalah ‘warung kopi’.

Kopitiam adalah bahasa Hok-kian/Tio-ciu yang kalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, artinya adalah ‘warung kopi’.

Tentu buat kalian yang di Jakarta nggak usah jauh-jauh ke Singapura untuk mencicipi kopi authentic khas Melayu-Tionghoa ini, karena deCODE punya rekomendasi nya nih, nama tempatnya yaitu Kopi Es Tak Kie. Kedai kopi ini sudah berdiri sejak tahun 1927dan menjadikan Kopi Es Tak Kie sebagai salah satu kedai kopi tertua di kawasan Jakarta.

Kopi Es Tak Kie cocok banget buat kalian yang memang suka banget sama suasana chinese authentic, dengan desain tempat yang sederhana, dan pastinya suasana yang sangat Chinesse Authentic. Salah satu keunggulan dari Kopi Es Tak Kie ini yaitu dari menu kopi itu sendiri. Kopi di sini dibuat dengan proses menggunakan saringan kopi yang sangat tradisional, dan terlihat sangat persis seperti kopitiam tua di Singapura sana. Sedangkan, untuk menu kopinya sendiri, hanya ada dua jenis kopi yang disajikan, yaitu kopi hitam dan kopi susu.

Mungkin buat kalian yang muslim akan merasa khawatir dengan makanan di sini. Bahkan, saya sendiri juga tidak merekomendasikan menu makanan di sini karena dikhawatirkan mengandung babi atau makanan non halal. Namun, untuk menu kopinya tidak ada yang perlu diragukan lagi, karena memang mereka selalu mempertahankan cita rasa kopi tersebut dari tahun 1927.

Untuk harga, kalian nggak perlu khawatir, karena harganya sangat terjangkau. Kopi susu panas atau dingin bisa didapatkan hanya dengan harga sebesar Rp 17.000. Sedangkan, untuk kopi hitam panas atau dingin bisa didapatkan dengan harga sebesar Rp 15.000 saja.

Lokasi Kopi Es Tak Kie ini terletak di Jl. Pintu Besar Selatan, Gang Gloria No. 4-6, Glodok, Pinangsia, Tamansari, Kota, Jakarta Barat. Kalau kalian ingin mampir kedai Kopi Es Tak Kie, kalian harus datang dari awal banget, guys.

Karena, tempat ini hanya buka dari jam 6.30 WIB sampai 14.00 WIB dan sangat ramai ketika siang hari. So, langsung saja ke sini nggak usah jauh-jauh ke Singapura untuk kopi authentic atau kopitiam, karena Jakarta juga punya Kopi Es Tak Kie-nya sendiri, guys!

Reporter & Fotografer: Muhammad Faisal Barakuan | Editor: Sasya Semitari P & Galih Perdana

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.