Siapa sih yang tak suka mendengarkan lagu? Kata orang, lagu memang gak hanya punya kekuatan menghibur, namun juga bisa mengungkapkan banyak hal dengan cara yang lebih mudah. Tak jarang semua list music favorit kita punya kisahnya masing-masing. Entah itu sedih, senang, kecewa, patah hati, hingga depresi.

Musik selalu jadi cara terbaik untuk melepaskan emosi setiap orang. Tak jarang para pelakunya merasa lebih lega jika menceritakan kegelisahannya melalui alunan musik dan barisan kata. Banyak musisi yang mengangkat tema kehidupan pribadinya sebagai inspirasi mereka dalam pembuatan lagu, baik itu bermaksud implisit ataupun eksplisit. Menariknya, lagu yang mereka ciptakan pun mampu menyentuh hati banyak orang. So, kira-kira musisi favoritmu termasuk gak, ya? Ini dia 3 lagu bertema health issue versi deCODE.

  • Radiohead – Street Spirit.
“Rows of houses, all bearing down on me.

I can feel their blue hands touching me.

All these things into position.

All these things we’ll one day swallow whole

And fade out again and fade out this machine will, 
will not communicate these…”

Lagu yang dirilis 22 januari 1996 ini berbicara tentang kehidupan yang tidak dapat dinikmati. Kehidupan di dunia ini tidak berlangsung selamanya, sebab segala sesuatunya akan memudar keluar. Singkatnya, depresi tentang melihat kehidupan dunia ini berubah begitu cepat tanpa kita bisa berbuat apa-apa.

  • Demi Lovato – Warrior

Lagu Warrior milik penyanyi 24 tahun ini mengisahkan tentang perjuangannya sebagai survivor gangguan bipolar. Demi ingin menunjukkan kepada dunia bahwa dia kuat, begitupun orang-orang yang mengalami hal sama dengan dirinya, sekalipun memiliki gangguan psikologis.

“All the pain and the truth

I wear like a battle wound.

Sp ashamed, so confused I was broken and bruised now

I’m a warrior.. now I’ve got thicker skin..”
  • Linkin Park ft Kiiara – Heavy

Naah.. Heavy merupakan lagu yang clearly mengangkat tema health issue. Lagu ini dirilis Maret 2017. Pada bulan Juli, dunia dikejutkan dengan kabar kematian dari Chester Bennington, vokalis dari Linkin Park. Ia dikabarkan bunuh diri setelah beberapa bulan merilis lagu Heavy featuring Kiiara ini.

“I don’t like my mind right now

Stacking up problems that are so unnecessary

Wish that I could slow things down

I wanna let go but there’s comfort in the panic.

Health Issues ini seringkali berhubungan dengan stress atau gangguan kejiwaan. Musisi diatas menyampaikan pesan mengenai apa yang terjadi disekelilingnya ataupun yang terjadi pada diri mereka sendiri dalam lagu-lagu tersebut. Semoga kita bisa paham ya bahwa apapun masalahnya semua dapat diselesaikan, terutama bila kita juga mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Reporter: Yorisca Putri | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana