Rembulan Tenggelam Di Wajahmu adalah sebuah novel yang menceritakan tentang perjalanan dan makna hidup seseorang. Tentang sebab-akibat yang terjadi dalam hidup, yang bisa jadi kita sama sekali tidak mengetahuinya.

Tentang perjalanan seorang anak panti bernama Ray. Sosok Ray yang selalu mengagumi indahnya cahaya rembulan. Dibesarkan di sebuah panti yang diurus oleh penjaga panti yang jahat. Penjaga panti yang selalu mengambil hak orang lain, mengambil uang dari donatur yang seharusnya diberikan untuk anak-anak panti.

Setiap hari Ray bersama anak panti lainnya dipukul, dimarahi, dipaksa menjadi kuli oleh penjaga panti yang sok suci. Menjalani kehidupan seperti itu, membuat Ray benci akan kehidupan dan tidak lagi percaya Tuhan.

Seiring berjalannya waktu, Ray tumbuh menjadi anak berandalan. Sama sekali tidak mengenal kasih sayang. Tidak berilmu. Kabur dari panti. Tidur dimana saja. Tidak punya uang tinggal mencuri. Tidak ada makanan pun tinggal meminta dan memaksa.

Ray mendapatkan banyak sekali pengalaman selama ia tinggal di “jalanan”. Mulai dari tinggal di terminal menjadi bandar judi, pengamen jalanan, sampai menjadi pencuri berlian yang ulung. Setelah kabur dari panti, Ray sempat tinggal di rumah singgah selama 6 tahun yang membuat Ray akhirnya bisa merasakan sedikit rasa kekeluargaan.

Pengalaman hidup yang berat membuat Ray menjadi seseorang yang tahan banting. Suatu hari Ray bekerja sebagai kuli dan mempunyai mandor yang baik hati. Akibat kerja keras yang dilakukan Ray selama bekerja, membuat Ray terus dipromosikan. Hingga pada akhirnya, beberapa puluh taun kemudian, setelah melewati berbagai rintangan dan perubahan, Ray berhasil menjadi pengusaha sukses. Pemilik kongsi bisnis terbesar yang pernah ada. Pemilik imperium besar yang luas menggurita.

Buku ini juga menceritakan kisah cinta Ray yang jatuh cinta untuk yang pertama dan terakhir kalinya, kepada seorang wanita bayaran, bernama Fitri. Fitri adalah wanita bayaran yang terpaksa menjalani pekerjaan hina tersebut. Namun pada akhirnya, mereka bersama-sama berubah menjadi orang yang lebih baik.

Memiliki alur maju-mundur, cerita diawali dengan Ray berumur 60 tahun yang sedang mengalami kritis. Lalu datanglah sosok malaikat yang memberikan kesempatan kepada Ray untuk bertanya tentang rahasia kehidupan. 5 pertanyaan.

“Aku memberikan kau kesempatan hebat. Lima kesempatan untuk bertanya tentang rahasia kehidupan, dan aku akan menjawabnya langsung sekarang. Lima pertanyaan. Lima jawaban. Apakah pertanyaan pertama-mu?”
"Apakah cinta itu? Apakah hidup ini adil? Apakah kaya adalah segalanya? Apakah kita memiliki pilihan dalam hidup? Apakah makna kehilangan?"

Buku ini menggunakan sudut pandang orang ketiga, ‘dia’ maha tahu. Menjelaskan secara detail kehidupan pahit yang dialami oleh Ray membuat kita seakan-akan merasakan betapa hebatnya Ray dalam menjalani kehidupannya. Menjelaskan sesuatu peristiwa penting yang pernah terjadi pada hidup Ray, namun ia tidak pernah mengetahuinya.

Setelah membaca buku ini, kalian akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan. Mengajarkan tentang keikhlasan, kesabaran, rasa syukur dan menghargai apa yang kita miliki saat ini. Yang paling penting, buku ini mengajarkan kita untuk sesekali melihat makna kehidupan dari sudut pandang yang berbeda. Mengajarkan banyak sekali pemahaman hidup yang terpancarkan dalam setiap kalimat-kalimatnya.

Apa yang terjadi dengan kita beberapa tahun lagi, bisa jadi, dipengaruhi atau sangat berhubungan dengan apa yang terjadi sekarang. Dengan kita. Atau dengan orang lain. Highly recommended!

Judul           : Rembulan Tenggelam Di Wajahmu

Pengarang   : Tere Liye

Penerbit      : PT Gramedia, Jakarta

Ukuran       : 20,5 x 13,5 cm

Tebal          : 426 halaman

Writer: Shinta Aulya | Editor: Galih Perdana