Bagi seorang penulis, mengalami writer’s block, menjadi hal yang lumrah terjadi pada diri mereka di suatu titik atau momen. Maka, untuk menangani hal itu, deCODE akan membagikan 5 tips menemukan ide untuk¬†menulis sebuah cerita. Yuk, langsung aja kita lihat tips nya di bawah ini:

1. Dalam Keadaan Santai

Pastikan kalian yang mau mulai menulis sedang dalam keadaan santai. Kalau kalian sedang sibuk, pikiran kalian akan terbagi kepada berbagai macam hal. Ketika dalam keadaan santai, ide-ide tersebut akan muncul dengan sendirinya.

2. Baca Buku

Kalau mentok buat nulis gimana? Baca buku!

Baca buku bisa menambah wawasan kita. Buku fiksi maupun non fiksi, itu pilihan kalian. Bagi kalian yang akan menulis cerita fiksi, ada baiknya kalian membaca buku-buku fiksi lainnya sebagai sebuah referensi dalam penulisan kalian.

Ketika kalian membaca buku, biasanya kalian akan mendapatkan ide atau inspirasi dalam membuat alur ataupun plot cerita.

3. Mengingat masa lalu

Upss, ternyata mengingat masa lalu bisa membawa kalian dalam meneukan ide untuk menulis sebuah cerita, loh.

Kenagan masa lalu memang tidak bisa kalian ulangi, tapi bisa untuk kalian abadikan dalam sebuah buku. Kenangan-kenangan tersebut ada saatnya dapat jadikan sebagai sebuah cerita. Jadi, satukan kenangan kalian bersama seseorang. Buatlah rangkaian cerita tersebut dan ingat kembali setiap momen yang pernah kalian rasakan

Setiap orang terkadang memiliki kengan masa lalu yang menarik bagi orang laik, entah dalam kisah percintaan atau keluarga. Kemas curhatan kenaganmu itu dengan proposional. Kalian harus menampati diri sebagai orang ke tiga. Agar cerita kalian tidak condong kepada pembelaan mengenai masa lalumu saja.

4. Ngobrol

Coba deh ngobrol sama sahabatmu, entah sejam dua jam. Nanti kalian pasti akan mendapat sebuah kejadian yang dialami oleh sahabatmu itu.

Cerita-cerita dari orang lain kadang menjadi inspirasi bagi kita sendiri. Bagaimana mereka melaluinya, tindakan apa yang mereka ambil, dan semacamnya bisa kalian jadikan menjadi sebuah cerita yang menarik untuk dibaca dan disuguhkan ke banyak orang.

5. Bawa notes dan pulpen kemanapun kalian pergi

Tips terakhir ini kadang dianggap remeh oleh sebagian orang. Kadang menurut mereka buat apa jika punya smartphone tapi masih membawa notes. Tau nggak sih, ide terkadang bisa muncul di mana saja. Entah saat kalian sekedar nongkrong di coffe shop atau sedang belanja bersama teman-teman kalian.

Nah, disitu pentingnya notes. Ketika kalian melihat sesuatu yang menurut kalian pantas untuk diabadikan, maka tulislah cerita tersebut ke dalam notes mu secara acak. Ketika sampai di rumah, kalian dapat merapihkan dan meragkai cerita tersebut dengan baik.

Reporter: Nur Syifa Buchis | Editor: Sasya Semitari P & Galih Perdana