Halo sahabat deCODE, sudah siapkah kalian untuk menghadiri malam inagurasi Ilmu Komunikasi pada 10 Februari besok? Nah, malam inagurasi ini selalu diadakan setiap tahun untuk menyambut mahasiswa dan mahasiswi baru. Biasanya malam inagurasi memiliki tema yang berbeda-beda di setiap tahunnya. Pada tahun ini, tema yang akan diangkat adalah summer.

Pada umumnya, summer fashion identik dengan motif floral. Hal ini sesuai dengan dresscode yang sudah ditetapkan oleh kepanitiaan inagurasi yang pastinya memiliki ketentuan untuk tidak terlalu terbuka pada outfit yang akan kita gunakan. Meskipun summer fashion terkesan sexy, tapi kita bisa kok pilih outfit yang lebih terlihat sopan, namun tetap telihat cool dan stylish. Kira-kira outfit summer fashion seperti apa yang cocok untuk menghadiri malam inagurasi mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi 2017?  Yuk kita intip!

1. Kimono

Kimono memang dirasa cocok untuk digunakan sebagai outer atau pakaian luaran. Dari sekian banyak motif dan model kimono, kita bisa memilih dengan motif floral. Motif floral ini sangat identik dengan summer fashion. Sesuai dengan tema dan dresscode yang sudah ditentukan. Outer jenis kimono bisa digunakan baik untuk perempuan berhijab maupun tidak.

Untuk perempuan yang tidak berhijab, bisa menggunakan kimono hitam dengan warna-warni pada motif floralnya. Untuk menyelaraskan warna, kalian bisa kenakan kaos dalaman v-neck, celana jeans, sepatu high heels. dan tas berwarna hitam. Outift ini sangat cocok untuk summer fashion.

Warna hitam memang diartikan sebagai lambang kesedihan. Akan tetapi dalam dunia fashion, tampilan yang serba berwarna hitam memiliki arti stylish, elegan dan sexy. Warna hitam juga bermanfaat untuk menyamarkan bentuk badan agar terlihat lebih kecil. Selain itu, warna hitam juga merupakan warna netral yang cocok digunakan pada berbagai jenis fashion. Termasuk summer fashion.

Nah, apabila acara inagurasi tersebut diadakan pada siang hari di outdoor, kalian bisa tambahkan item fashion seperti topi pantai dan sunglasses. Namun, apabila acara tersebut diadakan pada malam hari di indoor, kalian tidak perlu menggunakan item fashion tersebut.

Untuk perempuan berhijab jangan khawatir. Kalian juga bisa menggunakan kimono kok. Pertama, kalian kenakan long dress polos sebagai dalaman dengan warna putih. Setelah itu baru kalian tambahkan dengan kimono berwarna hijau tosca dengan motif floral berwarna-warni. Untuk memilih warna pada hijab dan sepatu yang akan dikenakan, kalian bisa pilih warna yang senada dengan warna motif floral yang mendominasi. Kalian akan lebih terlihat sexy apabila mengenakan sepatu high heels dengan lilitan tali pada pergelangan kaki kalian. Gimana? Kalian udah gak bingung lagi kan cari outift untuk summer fashion?

2. Dress

Dress memang paling cocok digunakan di segala jenis acara. Baik acara formal mampu tidak, dress selalu menjadi andalan bagi kaum hawa untuk digunakan. Begitu pula pada acara inagurasi nanti.

Kalian bisa pilih dress bermotif floral tentunya dengan warna coklat, pastinya cocok digunakan sebagai outfit summer fashion kalian. Apabila kalian merasa dress tersebut terlihat sedikit terbuka pada bagian dada, kalian bisa tambahkan rompi jeans dengan warna biru muda. Hal ini akan menyelamatkan kalian dari teguran panitian inagurasi hehe. Tak lupa tambahkan belt kecil berwarna yang senada dengan  dress pada pinggang kalian agar dapat membentuk postur tubuh, sehingga lebih terlihat sexy.

Tak melulu mengenakan high heels, summer fashion juga cocok apabila kalian menggunakan sepatu booth berwarna coklat. Nah, untuk memperlengkap tampilan, kalian bisa tambahkan item fashion seperti flower crown. Pasti telihat cantik!

3. Jumpsuit

Pada umumnya jumpsuit dipakai untuk berpergian ke acara santai, seperti bermain di pantai, piknik, atau hanya sekedar berkumpul bersama keluarga. Nah, pada acara inagurasi ini jumpsuit dirasa cocok digunakan karena tema yang diangkat adalah summer.

Tentunya jumpsuit yang kita pilih harusnya bermotif floral sesuai dengan dresscode. Pilih lah jumpsuit berwarna putih, selain memiliki arti netral, warna putih akan membuat si pemakai merasa sejuk dan nyaman. Apalagi dihiasi dengan motif floral berwarna-warni. Apabila pada atasan jumpsuit berbentuk v-neck akan lebih classy apabila ditambahkan dengan item fashion seperti kalung berlian.

Pada tampilan rambut, kalian tidak perlu repot-repot, biarkan saja terurai agar terlihat lebih anggun. Jumpsuit akan lebih cocok dikenakan oleh perempuan yang memiliki postur tubuh tinggi. Karena hal tersebut akan memberikan kesan jenjang pada kaki si pemakai. Nah supaya lebih terlihat jenjang, gunakan sepatu high heels dengan tali tipis berwarna putih.

4. Silk Floral Shirt

Meskipun bermotif floral, bukan berarti laki-laki tidak bisa mengenakannya. Banyak kok item fashion bermotif floral yang cocok digunakan untuk laki-laki. Seperti yang dikenakan oleh Zayn Malik ini. Pilihlah kemeja berbahan sutra dengan motif floral.

Tanpa menghilangkan kesan manly, kalian bisa pilih warna navy atau biasa disebut biru donker. Untuk menyelaraskan warna kalian bisa pilih celana berwarna navy sesuai dengan warna kemeja. Arti warna biru pada dunia fashion ialah warna yang menenangkan dan menyejukkan mood. Cocok banget deh digunakan supaya mood kalian gak berantakan saat acara berlangsung hehe.

Pemakaian kemaja bermotif floral tidak harus selalu dalam posisi kancing tertutup. Coba saja jadikan kemeja tersebut sebagai outer. Jangan lupa kenakan kaos dalaman bermotif polos agar tidak terlalu berlebihan. Agar lebih terlihat manly, kalian bisa coba dengan melipat sedikit pada bagian lengan.

5. Celana Chino

Setelah siap mengenakan atasan bermotif floral, kalian bisa gunakan bawahan yaitu dengan celana jenis chino. Tidak disangkal, celana jenis ini kerap menjadi favorit bagi kebanyakan laki-laki dalam berpenampilan sehari-hari. Baik untuk pergi ke kampus, ke kantor, hangout, ataupun untuk menghadiri acara perta yang bersifat semi-formal. Nah, untuk menghadiri acara ingurasi tersebut pilihlah celana chino yang tidak terlalu panjang, atau kalian bisa mengakalli dengan melipat sedikit pada bagian bawah agar tidak terlihat “gemuk”. Supaya cocok dengan dresscode yang sudah ditentukan, kalian bisa pilih celana chino yang memiliki motif tribal pada ujung kaki.

Gimana sahabat deCODE patut untuk dicoba kan? Dijamin gak akan salah kostum deh hehe.

Reporter: Riska Fitria | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana