Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia melakukan kegiatan latihan dasar kemahasiswaan di Kampung Cibayawak, Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dari tanggal 12 hingga 14 Februari 2017. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kerjasama masing-masing anggota dan kepedulian masing-masing anggota terhadap masyarakat di luar lingkup organisasi KOMIK UAI sendiri.

Kegiatan ini diawali dengan berkumpul dikampus terlebih dulu dan kemudian berangkat secara terpisah menuju stasiun Kebayoran. Dari stasiun Kebayoran, para anggota KOMIK pun berangkat menuju Rangkasbitung dengan kereta api, perjalanan dengan kereta api ditempuh selama 2,5 jam. Setelah tiba di stasiun Rangkasbitung, perjalanan menuju tempat kegiatan dilaksanakan dilanjutkan dengan menggunakan mobil elf yang telah disewa terlebih dulu. Perjalanan dari stasiun Rangkasbitung menuju tempat kegiatan itupun ditempuh dalam waktu 3 jam.

Selama disana, kami menginap dan melakukan kebanyakan aktiftas di Yayasan Jam’iyatul Mubtadi dan salah satu rumah warga. Sesampainya disana, seluruh peserta beristirahat dengan makan siang serta shalat dan kemudian bersiap untuk melakukan kegiatan selanjutnya yaitu terjun ke masyarakat sekitar. Kegiatan terjun ke masyarakat ini dilakukan secara berkelompok yang telah ditentukan sebelumnya. Masing-masing kelompok sendiri menuju ke daerah yang berbeda-beda yang tujuannya untuk melihat kondisi daerah yang mereka kunjungi serta mencari tau permasalahan yang tengah dihadapi oleh warga disana untuk dicarikan solusinya.

Setelah terjun ke masyarakat selesai dan masing-masing kelompok sudah memiliki data yang dibutuhkan, para peserta pun kembali menuju ke yayasan tempat kami melakukan aktiftas dan mendiskusikan solusi seperti apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan yang tengah di hadapi masyarakat di masing-masing daerah yang dikunjungi. Pada malam harinya, setelah seluruh peserta istirahat dan shalat serta tadarussan bersama para santri disana. Masing-masing kelompok pun mempresentasikan hasil temuan dari terjun ke masyarakat tadi dan memberitahukan solusi yang mereka berikan untuk mengatasi permasalahan di masing-masing daerah yang dikunjungi. Setelah kegiatan itu selesai barulah para peserta beristirahat untuk mempersiapkan diri menjalani kegiatan di keesokan harinya.

Pada hari kedua, kegiatan dibuka dengan shalat shubuh berjamaah dan tadarussan bersama santri disana. Kemudian para peserta pun bersiap untuk kegiatan selanjutnya yaitu sharing dengan pelajar di beberapa sekolah di sekitar lingkungan yayasan tersebut. Kegiatan sharing dilakukan secara berkelompok dimana masing-masing kelompok berisikan lima peserta. Materi yang disampaikan pun adalah materi yang sudah dipersiapkan masing-masing kelompok. Selain itu, masing-masing kelompok juga melakukan kegiatan prakarya dengan para siswa/i untuk mengasah kreatifitas siswa/i disana. Kegiatan sharing sendiri berlangsung selama 3 hingga 4 jam.

Setelah itu, para peserta kembali menuju yayasan untuk beristirahat dan bersiap untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya. Kegiatan selanjutnya yaitu tracking dari yayasan menuju pantai yang berjarak sekitar 3 km dengan berjalan kaki untuk bermain games dan menikmati matahari terbenam dari sana. Menjelang maghrib, seluruh peserta pun kembali menuju ke yayasan untuk beristirahat.

 

Pada malam harinya, para peserta pun disuguhkan dengan pertunjukan seni oleh para siswa/i berupa tilawah Qur’an,  pembacaan puisi, marawis, hadroh, dan pertunjukan seni bela diri tapak suci. Beberapa peserta pun juga ikut meramaikan acara tersebut seperti menjadi bagian dari tim marawis dan bernyanyi. Setelah kegiatan tersebut seluruh peserta pun berbagi kesan dan pesan dengan peserta lain dan dengan beberapa dosen yaitu pak Nanang dan Mas Edo dan pembimbing para peserta selama disana yaitu mas Oo beristirahat.

Pada hari terakhir menjalani kegiatan disana. Para peserta yang dalam hal ini seluruh anggota KOMIK mengadakan acara potong tumpeng untuk merayakan hari ulang tahun organisasi KOMIK UAI yang ke 13 Tahun dan penyerahan buku secara simbolis hasil sumbangan masing-masing peserta kepada siswa/i yayasan Jam’iyatul Mubtadi. Setelah itu, barulah para peserta bersiap untuk kembali ke Jakarta dan berpamitan dengan beberapa pengurus yayasan dan siswa/i di yayasan tersebut.

Kegiatan ini murni dari, oleh, dan untuk para anggota KOMIK UAI sendiri. Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama dari masing-masing anggota KOMIK sendiri. Selain itu, dari kegiatan ini diharapkan para anggota KOMIK dapat lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar di luar lingkup organisasi KOMIK sendiri seperti kepedulian terhadap masyarakat dan berusaha untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.